Panwascam Pacet Gelar Press Release Usai Pengawasan Langsung Gudang Logistik Pemilu Serentak 2024

Fokus Cianjur Politik Sosial

Pewarta: Faisal

CIANJUR. FOKUSPRIANGAN.ID – Usai melakukan pengecekan langsung kondisi Gudang logistik pemilu 2024 di Aula Desa Sukanagalih, Komisioner Panwascam Pacet gelar konfrensi pers mengenai pengawasan gudang logistik, Jumat (15/12/23).

Ketua Panwascam Pacet Farhaan Muhammad Ridwan menjelaskan hasil koordinasi dengan PPK Pacet, Aula Desa Sukanagalih lokasi akan menjadi penyimpanan logostik pemilu serentak 2024 tingkat Kecamatan Pacet.

“Setelah itu kami lakukan pengecekan lokasi yang akan dijadikan gudang logistik. Hasilnya Aula Desa Sukanagalih dinilai layak dijadikan Gudang Logistik,” jelasnya saat Press Release didampingi Kordiv P2HM Yasa Taqiudin dan Kordiv PPPS M. Duwaeni.

Menurutnya ada beberapa aspek yang dipastikan saat meninjau langsung gudang pengawasan logistik, yakni gedung yang digunakan aman dari kemungkinan yang bisa merusak logistik seperti banjir dan bocor.

“Keamanan sudah bagus, namun memang harus sering-sering dicek atap dan sirkulasi udaranya terlebih saat ini hujan deras kerap terjadi,” ungkapnya.

Diharapkan melalui pengecekan dan pengawasan langsung gudang logistik bisa mewujudkan tahapan Pemilu berjalan adil, bebas dari gangguan, dan sesuai dengan aturan. Adapun tujuan dari pengawasan dan pengecekan kesiapan gudang logistik ialah memastikan kesiapan gudang tempat diletakkan logistik Pemilu tahun 2024.

“Kami (Bawaslu,red) melakukan pengawasan melekat agar memastikan perlengkapan logistik tepat jumlah, tepat jenis, bentuk, ukuran, spesifikasi, tepat kualitas dan tepat waktu. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Bawaslu Nomor 12 Tahun 2023 tentang pengawasan pengadaan dan pendistribusian perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainnya dalam Pemilihan Umum,” tegasnya.

Saat pemantauan Aula Desa Sukanagalih terlihat telah memiliki sarana dan prasarana yang sesuai ketentuan, terpenuhi dari aspek keamanan dan kelayakan. Sehingga diharapkan kedepan seluruh persiapan tahapan logistik Pemilu dapat berjalan dengan lancar, sesuai dengan regulasi yang berlaku dalam penyimpanan logistik Pemilu Tahun 2024.

“Logistik merupakan unsur yang sangat vital dalam menunjang kelancaran serta kesuksesan pelaksanaan proses Pemilu. Saya meminta kepada jajaran Panwascam untuk melakukan pengawasan pendistribusian logistik Pemilu 2024
dengan cermat,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan bahwa jajaran Panwascam harus memastikan pendistribusian perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainnya dan perlengkapan pemungutan suara lainnya sesuai ketentuan.

“Bawaslu hadir dalam melakukan pengawasan melekat agar memastikan perlengkapan logistik tepat jumlah, tepat jenis, bentuk, ukuran, spesifikasi, tepat kualitas dan tepat waktu,” tandasnya.