Kata Wabup Sukabumi : Program Perahu Kertas Wadah Pelatihan dan Pembelajaran Bagi Perempuan

FOKUS SUKABUMI Pemerintahan Sosial

Pewarta: Rusdi

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Acara rekonsiliasi dan Evaluasi Program Perempuan Hebat untuk Keluaraga berkualitas (PERAHU KERTAS )Tahun 2023 dibuka oleh Wakil Bupati Sukabumi H Iyos Somantri, di Hotel Pangrango Sukabumi, Senin, (11/12/23).

Kadis Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan (DP3A), Eki Radiana Rizki mengatakan tujuan kegiatan adalah untuk mencari solusi terbaik dari kendala yang ada. “Kegiatan Perahu Kertas merupakan Program Prioritas Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan telah dilaksanakan sejak tahun 2022 dan telah mencetak 3000 orang kader. Kegiatan ini diikuti oleh Perangkat Daerah dan unsur Kecamatan sebanyak 60 orang,” kata Eki dalam sambutannya.

Sementara, Wabub Sukabumi H Iyos Somantri mengatakan bahwa Program perahu kertas merupakan salah-satu proyek prioritas yang ditetapkan pada RJPMD 2021-2026. Program perahu kertas ini adalah wadah pelatihan dan
pembelajaran guna meningkatkan pengetahuan dan wawasan kaum perempuan di Kabupaten Sukabumi agar semakin mampu dalam mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas keluarganya.

”Sebagai proyek prioritas, perahu kertas ini harus ditindaklanjuti sampai tuntas hingga di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi, kita optimis bahwa program ini bisa dilaksanakan dengan baik,” kata H Iyos.

Ia menjelaskan, kegiatan rekonsiliasi dan evaluasi ini bukan saja sebagai upaya untuk mengetahui seberapa bermanfaat program yang telah dilakukan terhadap individu dan masyarakat saja, namun juga sebagai sebuah rangkaian siklus yang dinamis dan berkesinambungan, terutama untuk memberikan umpan balik pada proses perbaikan dan penyempurnaan program yang merupakan proyek prioritas pemerintah daerah. ”Program perahu kertas yang telah dilaksanakan sudah cukup baik dimana pelaksanaannya berkolaborasi antara perangkat daerah, sehingga dapat melahirkan kader-kader perempuan hebat untuk keluarga berkualitas,” tandas Wabup.