Kepala Sekolah dan Bendahara SMK Diharapkan Mampu dan Memahami ARKAS 4

Fokus Kab Tasik Pendidikan Sosial

Pewarta: Wawan

KAB.TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – MKKS SMK kabupaten Tasikmalaya gelar bimbingan tekhnis Arkas 4 bagi kepala sekolah dan bendahara SMK yang bertempat di ruangan serbaguna hotel ALHAMBRA, Rabu (06/12/2023).

ARKAS (Anggaran rencana kegiatan dan anggaran sekolah) adalah suatu sistem yang disediakan oleh Kemendikbudristek yang berbentuk aplikasi yang dapat di instal di perangkat komputer milik satuan pendidikan.

Disela-sela kegiatan Rosma sebagai pengelola Dana BOS PSMK swasta di provinsi Jawa Barat mengatakan bahwa ARKAS itu merupakan sebuah sistem informasi yang memanfaatkan tekhnologi informasi dan komunikasi yang menunjang untuk memfasilitasi perencanaan, pelaksanaan penganggaran serta pertanggungjawaban daripada dana bantuan operasional sekolah dilingkup pendidikan dasar dan menengah secara nasional,”jelasnya.

Kegiatan bimbingan tekhnis ARKAS 4 ini adalah sebuah penyempurnaan daripada ARKAS 3 dan otomatis akan membantu sekolah lebih mudah dalam melaksanakan pekerjaan karena fitur fitur nya dalam ARKAS 4 tersebut lebih sempurna lebih lengkap. Ketika dikerjakan tepat waktu maka otomatis akan cepat untuk teralisasi pada pencairannya dan ketika sekolah lapor maka akan segera cair,”imbuhnya.

Dalam hal ini semua provinsi memakai ARKAS dan juga wajib untuk sekolah mengerjakannya memakai ARKAS karena pertangungjawaban keuangannya ada di ARKAS. Untuk di kabupaten Tasikmalaya sendiri saya rasa mereka cukup antusias dan sangat membutuhkan dalam menyamakan pekerjaan yang selama ini yang dituangkan didalam ARKAS.

Kendati demikian saya menekankan kepada mereka untuk mengikuti aturan yang berlaku jangan sampai lepas dari juknis dan tetap kita harus berpedoman pada ketentuan yang ada. Mudah mudahan bendahara,kepala sekolah yang ada di kabupaten Tasikmalaya mengerjakan ARKAS nya lebih baik sehingga pencairan untuk 2024 lancar dan direncakan oleh pemerintah bulan januari itu sudah mulai pencairan, Diharapkan laporannya cepat maka pencairannya pun akan cepat juga,”harapnya.

Ditempat terpisah Dr. H. Nanang Makmur ketua MKKS SMK kabupaten Tasikmalaya mengatakan sosialisasi ARKAS 4 ini dilakukan secara mandiri karena disitu ada fitur fitur baru di ARKAS 4, Dan bagi para kepala sekolah khususnya swasta belum mampu maka dari itu dilakukan bimbingan dan tekhnis untuk dipelajari serta bisa memahaminya untuk ARKAS 4 ini,”jelasnya.

Lebih lanjut kelebihan daripada ARKAS 4 ini adalah lebih mudah lebih efektif akuntabel lebih efisien, Karena walau bagaimanapun juga bantuan itu harus ada laporan dan fitur fitur laporan itu ada disini. Dengan adanya Bintek ini diharapkan khususnya para bendahara mampu menggunakan ARKAS 4 dan juga para kepala sekolah harus mengetahui memahami dan mampu menggunakan ARKAS 4 Tersebut,”pungkasnya.