IJTI Gelar Challenge Politic Talent Bersama Kejari Garut dan Para Caleg

Fokus Jabar Pemerintahan Sosial

Pewarta : Aep Saepudin

KAB.GARUT. FOKUSPRIANGAN.ID – Bertempat di Glamping Hotel Sabda Alam Garut, Rabu, 6 Desember 2023, sedang di gelar acara Malam Apresiasi dan Dialog Publik Challenge Politic Talent oleh IJTI Kabupaten Garut dan dihadiri oleh Kejari Garut, Wakil Bupati Garut, Pengadilan Negeri Garut, KPU Garut, Bawaslu, Bankespol dan Kominfo Garut.

Acara tersebut mengambil thema “Memahami Hukum sebagai Pijakan Legislasi bagi Para Caleg”.

Kemudian acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan oleh dr. H. Helmi Budiman, MM selaku Wakil Bupati Garut.

Dalam sambutannya Wakil Bupati mengucapkan fuji syukur bisa hadir kesini menggantikan Bapak Bupati Garut yang berhalangan hadir karena sedang berada di Yogyakarta. Ucapnya.

Selanjutnya dr. Helmi mengutarakan tentang Ciri Demokrasi adalah salahsatunya Negara yang menyelenggarakan Pemilihan Umum yang Luber dan Jurdil, kesuksesan penyelenggaraan Pemilu merupakan pendidikan politik, bagaimana Parpol mengajarkan kadernya untuk membangun ideolagi yang hidup dan memiliki nasionalisme yang tinggi. Ungkapnya penuh diplomasi.

“PEMILU adalah bagaimana menyampaikan gagasan bukan politik saling menjatuhkan pada lawan politiknya, partisipasi politik harus berhasil sehingga bisa membawa masyarakat menjadi cerdas dan melek tentang politik. Cetusnya.

Bagaimana mempersiapkan kader politik supaya memahami tentang peran tugas dan fungsi legislatif, semoga bisa berjalan sukses tanpa ekses, saya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada panitia penyelenggara, IJTI, KPU, BAWASLU, KESBANGPOL dan semua pihak yang telah ikutserta membantu suksesnya acara Dialog Publik Interaktif Penguatan Hukum dan Demokrasi Challenge Politic Talent. Pungkasnya

Selanjutnya Acara Dialog Publik Interaktif di pimpin langsung oleh Abah Janur, yang dimulai dengan pengumuman 300 caleg yang terjaring setelah di seleksi tercatat ada 127 Caleg yang pemberani dan 50 Caleg yang di prediksi akan melenggang ke DPRD Garut, 6 Caleg ke DPRD Provinsi dan 10 ke DPR RI.

Lebih lanjut Abah Janur menjelaskan bahwa Jurnalis adalah sebagai wasit dalam PEMILU bersama Bawaslu, Kejari, untuk itu mari kita sukseskan bersama Pemilu tgl 14 Febuari 2024. Paparnya penuh harap.

Dr. Halila Rama Purnama, SH, M.Hum dari KEJARI Garut, mengucapkan terimakasih kepada panitia penyelenggara atas kepercayaannya kepada saya untuk menyampaikan materi memahami hukum sebagai pijakan Legislasi bagi para caleg, kalau ada orang baik yang tidak mau berpolitik, kemudian tidak ikut nyaleg, bagaimana nasib bangsa Indonesia kedepan. Tandasnya.

“Efektivitas Berlakunya Hukum ada 3 point, yaitu Subtansi Hukum, Struktural Hukum dan Budaya Hukum, yang berisi produk Legislasi, para aparat penegak hukum dan budaya hukum.”. Tandasnya.

Selanjutnya Ibu Kejari mengutarakan tentang tujuan dari Reformasi 1998 adalah bagaimana pemberantasan KKN dilaksanakan, terciptanya pemerintahan yang bersih, ketika KKN bisa dihentikan dari awal maka bisa di mungkinkan tidak akan adanya kerugian keuangan negara. Ucapnya.

Selesai pemaparan dari Kejari Garut kemudian dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada 10 Caleg DPR RI oleh IJTI Kabupaten Garut yaitu kepada Rd. H. Holil Aksan, dr. Hani, Ade Kaca, Kang Ibang N, dan lainnya, sementara untuk Caleg DPRD Provinsi Jabar diberikan kepada Enjang Tedi dan Ahmad Bajuri.

Kemudian acara dilanjutkan dengan Diskusi Interaktif antara Kejari Garut dengan para Caleg yang hadir di acara Malam Apresiasi dan Dialog Publik Challenge Politic Talent yang di moderatori oleh Abah Janur selaku Ketua IJTI Kab. Garut.