Dengan Adanya TPS3R di Desa Bobojong, Penanganan Sampah Dapat Teratasi

Fokus Cianjur Sosial

Pewarta: Ipey

CIANJUR. FOKUSPRIANGAN.ID – Sampah dengan konsep untuk mengurangi (reduce), menggunakan kembali dan daur ulang. TPS 3R berfungsi untuk melayani suatu kelompok masyarakat (termasuk di kawasan masyarakat berpenghasilan rendah) yang terdiri dari minimal 200 rumah.

ketua KMP Irwan Sopian menjelaskan TPS 3R di Desa Bobojong kecamatan mande yang dibangun tahun ini 2023 dari Kementerian Pekerjaan umum

Luas TPS3R, lebih besar dari 200 m2;
sarana TPS3R dilengkapi ruang pemilahan, pengomposan sampah organik, dan penghasil gas bio, gudang, zona penyangga, dan tidak mengganggu estetika serta lalu lintas penampung sisa pengolahan sampah di TPS 3R bukan merupakan wadah

Pengolahan limbah dengan daur ulang atau minimasi limbah tidak dapat menyingkirkan seluruh limbah
Pengolahan limbah biasanya menghasilkan residu yang harus ditangani lebih lanjut,” ujar Irwan.

Dari hasil analisis diketahui juga jenis sampah yang paling banyak dihasilkan adalah sampah organik sebanyak 60 persen, sampah plastik 14 persen, diikuti sampah kertas (9%), metal (4,3%), kaca, kayu dan bahan lainnya (12,7%),”sambungnya.

ketua RT Kampung Lajung Yudi menambahkan,Pelan-pelan kita semua bersatu membangun fasilitas seperti ini sehingga masyarakatnya bisa hidup dalam lingkungan yang bersih, asri, termasuk sungainya juga bebas dari sampah.

Saya berharap sampah itu harus habis di dua kampung lanjung dan Cibogo masing-masing agar semua bisa di pilah dan di atur pengolahan nya ke TPS3R.

Pembangunan pengolahan sampah dari kementriaan pupr yaitu TPS3R dari dirjen cipta karya dengan yang dibangun di tanah desa di blok lanjung Desa bobojong, Kecamatan Karangtengah, Kabuoten Cianjur.” Jelasnya.