Deklarasi Pemilu Damai Dengan Parpol dan Forkopimcam Limbangan Garut

Fokus Jabar Politik Sosial

Pewarta: H.P

KAB.GARUT. FOKUSPRIANGAN.ID – Dalam rangka mewujudkan Pemilu damai yang bermartabat dan berintegritas. Panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kecamatan Limbangan, Garut, Kamis (30/11/2023) kemarin. Menggelar deklarasi damai bersama Forkopimcam dan perwakilan partai politik (Parpol) di aula Kecamatan setempat.

Ketua Panwaslu Kecamatan Limbangan, Dadang Saepul Rohman mengatakan, Adapun, isi deklarasi Pemilu damai tahun 2024 khususnya di Kecamatan Limbangan, pertama akan melaksanakan Pemilu tahun 2024 yang damai dan kondusif untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat. Kedua, akan mematuhi dan mentaati segala bentuk dan ketentuan yang berlaku serta menyelesaikan permasalahan pemilu tahun 2024 sesuai dengan koridor hukum.

“Jadi intinya kita dalam deklarasi ini menyamakan persepsi semua pihak agar pemilu 2024 ini berjalan kondusif mewujudkan demokrasi yang bermartabat,”ungkap Dadang saat dihubungi melalui pesan singkat, Jum’at (1/12/2023).

Selain itu, jelas Dadang, deklarasi damai ini membahas juga terkait dengan regulasi -regulasi netralitas ASN, TNI-POLRI, Kepala Desa, perangkat Desa, hingga RT/RW.

“Kita bahas juga netralitas pihak-pihak yang memang harus menjunjung tinggi berjalannya demokrasi dalam Pemilu seperti ASN, TNI-POLRI, Kepala Desa dan perangkatnya, hingga ke tingkat bawah RT/RW,”jelasnya.

Kata Dia, semua regulasi terkait dengan netralitas sudah diatur dalam peraturan undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang ASN yang melarang mereka terlibat dalam politik praktis. Selain itu juga di undang-undang nomor 7 tahun 2017 dan undang-undang 10 tahun 2016 juga secara tegas melarang ASN terlibat dalam aktivitas kampanye.

“Kami tidak akan pandang bulu bila terjadinya dugaan pelanggaran Pemilu baik itu laporan dari masyarakat ataupun temuan kami sendiri sesuai dengan mekanisme yang sudah diatur,”katanya.

Lebih lanjut Dadang selaku ketua Panwaslu Kecamatan Limbangan berharap peserta pemilu dapat menjalankan proses tahapan masa kampanye ini sesuai dengan aturan yang telah ditentukan. Agar, imbuhnya, mewujudkan Pemilu yang bermartabat dan berintegritas.

“Mudah-mudahan tahapan demi tahapan pemilu 2024 ini berjalan sukses tanpa ekses,”pungkasnya.