Pertanyakan Prihal Keterbukaan Publik, Koalisi Mahasiswa Rakyat Tasikmalaya Datangi Kantor Bupati

Fokus Kab Tasik Sosial

Pewarta: Wawan

KAB.TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Koalisi mahasiswa Rakyat Tasikmalaya (KMRT) geruduk kantor Bupati Tasikmalaya guna menanyakan perihal informasi keterbukaan publik yang diduga sampai saat ini sama sekali tidak ada untuk keterbukaan selasa (28/11/2023).

Dikatakan Cecep sebagai korlap aksi bahwasanya pergerakan aksi ini dilakukan untuk memberikan surat keberatan kepada atasan pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) kabupaten Tasikmalaya, Yang dimana PPID berfungsi sebagai pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh badan publik sesuai dengan amanat undang undang no 14/2008 tentang keterbukaan informasi publik,”katanya.

Lalu kami disini sebagai mahasiswa yang tergabung di (KMRT) menginginkan mengenai keterbukaan informasi publik terkhusus dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) ataupun dokumen pelaksanaan anggaran tahun 2022.

Kami sudah melakukan prosedur dengan melaksanakan pengiriman surat permohonan DPA tetapi kami hanya diberikan ringkasan saja, Dan bahkan saat kita melakukan Audiensi ke 13 SKPD kabupaten Tasikmalaya rata rata masih belum mengetahui mengenai sosialisasi informasi publik, bahkan DPA nya sendiri hanya memberikan ringkasan,”imbuhnya.

Lebih lanjut kami KMRT melayangkan surat keberatan untuk menunjukkan keseriusan kami terhadap keterbukaan informasi dan publik. Kami disisni semua menjelaskan contoh bentuk dari keterbukaan informasi dan publik adalah mudahnya mengakses/diakses oleh masyarakat terkait dengan DPA/RKA karena itu semua bagian dari rangkaian untuk membuat publik policy yang sangat baik.

Harapan kami setelah melakukan aksi ini tentunya kita semua akan melakukan langkah yaitu melaporkannya ke KID provinsi Jawa Barat. Dan kami tekankan sekali lagi perihal permasalahan ini akan terus dikawal sampai ke tingkat provinsi,”pungkasnya.