Meminimalisir Kegiatan Ilegal, Kalapas Gelar Diskusi Strategi Pengamanan Saat Coffee Morning

Fokus Jabar Sosial

Pewarta: T.Abdul Patah

KAB.GARUT.FOKUSPRIANGAN.ID – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Garut mengadakan acara Coffee Morning. Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Lapas, Rusdedy, dan dihadiri oleh seluruh pejabat struktural Lapas. Acara berlangsung di Lasgar Coffee House. Senin (27/11/23).

Dalam acara tersebut, beberapa agenda pembahasan menjadi fokus utama. Pertama, dibahas analisis dan penentuan langkah-langkah kebijakan serta program sapu bersih terkait pungutan liar (Pungli) handphone (HP) dan narkoba di dalam Lapas. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kegiatan ilegal di dalam lapas dan menciptakan suasana yang aman dan terkendali.

Selanjutnya, strategi pengamanan luar dan dalam Lapas juga menjadi perhatian penting dalam kegiatan ini. Pihak Lapas menganalisis cara terbaik untuk mengamankan lingkungan lapas baik dari segi fasilitas maupun personil yang bertugas. Pengetatan lalu lintas orang dan barang juga menjadi agenda penting untuk memastikan bahwa tidak ada barang terlarang yang masuk ke dalam Lapas.

Selain itu, penggunaan HP oleh petugas dan tamu dinas juga dibahas untuk mencegah penyalahgunaan HP di dalam Lapas. Manajemen Lapas juga melakukan analisis dan kebijakan terkait penempatan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam blok dan kamar hunian.

Kunjungan bagi WBP kasus narkotika juga menjadi perhatian dalam agenda tersebut. Kebijakan kunjungan harus sesuai dengan peraturan yang berlaku agar keamanan Lapas tetap terjaga.

Terakhir, Lapas Garut juga menyusun program pembinaan bagi WBP berdasarkan status dan penempatan pada blok Super Maksimum, Maksimum, Medium, dan Minimum Security. Hal ini sejalan dengan Peraturan Menteri Hukum dan Ham No. 35 Tahun 2018.

Dengan adanya Coffee Morning ini, diharapkan Lapas Garut dapat menyusun kebijakan yang lebih baik dalam mengelola lembaga pemasyarakatan. Selain itu, diharapkan pula terciptanya keamanan dan ketertiban di dalam Lapas untuk menjamin berjalannya semua program dengan baik.