44 Putra Putri Mojang Jajaka Garut 2023 Diharapkan Dapat Menggali Potensi Pariwisata Garut

Fokus Jabar Pemerintahan Sosial

Pewarta:T.Abdul Patah

KAB.GARUT.FOKUSPRIANGAN.ID – Kehadiran Bupati Garut, Rudy Gunawan, di Ballroom Hotel Harmoni di Jalan Cipanas Baru menambah semaraknya Grand Final Pasanggiri Mojang Jajaka (MOKA) Kabupaten Garut Tahun 2023, Kamis malam (23/11/2023).

Dalam kesempatan ini, Bupati Garut mengungkapkan bahwa dirinya turut berbahagia atas terselenggaranya Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten Garut Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Paguyuban Mojang Jajaka (MOKA) Kabupaten Garut.

“Anu tiasa ngabuktoskeun yen urang Garut teh hebat lahir batinna, geulis, kasep jeung palinteur oge berakhlakul karimah (yang bisa membuktikan bahwa orang Garut itu hebat lahir batin, cantik, ganteng, pintar, dan berakhlakul karimah)” ucap Bupati Garut.

Bupati Garut memberikan apresiasi sebesar 150 juta rupiah untuk mendukung penyelenggaraan Pasanggiri MOKA Garut ini. Ia juga mengapresiasi atas terselenggaranya Pasanggiri MOKA Garut Tahun 2023.

Terakhir, ia berterimakasih kepada seluruh tamu undangan, termasuk Mojang Jajaka Provinsi Jawa Barat yang ikut hadir dalam kegiatan ini.

“Terimakasih tamu-tamu dari mojang jajaka Jawa Barat, dari Sleman ada ya, dari Jawa Barat, pokoknya kita semua Indonesia Raya, semuanya sama mempunyai komitmen dan jiwa korps sebagai mojang jajaka Indonesia,” katanya.

Ketua Paguyuban MOKA Garut, Nurman Purnama Gumilar, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung keberlangsungan Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten Garut Tahun 2023. Terselenggaranya Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten Garut ini merupakan bukti nyata Paguyuban MOKA Garut yang terus mendorong serta melahirkan generasi unggulan yang dapat menjadi representasi dan nonoman atau panutan di Kabupaten Garut, bagi anak-anak muda di Kabupaten Garut.

Ia menegaskan bahwa acara ini bukan hanya mencari sosok dengan kecantikan atau kecerdasan semata, melainkan mencari paket lengkap untuk menjadi Mojang Jajaka Kabupaten Garut.

“Mereka yang memang, mampu, bisa berproses dengan baik. Karena sejatinya mojang jajaka ini harus hade cangkang hade eusi, karena mojang jajaka merupakan nonoman panutan yang memiliki konsep masagi,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Garut, Agus Ismail, menekankan pentingnya acara ini sebagai proses panjang yang melibatkan 44 putra putri Garut yang luar biasa. Ia berharap kegiatan ini menjadi agenda tahunan dan membawa dampak positif dalam promosi pariwisata, budaya, ekonomi kreatif, serta potensi luar biasa yang dimiliki oleh Kabupaten Garut.

“Alhamdulilah Pak Bupati ini (awalnya) 400, kemudian diseleksi 300 kemudian sampai pada malam ini, 44 putra putri Garut yang luar biasa,” ucapnya di hadapan Bupati Garut.

Ia berharap, kegiatan ini dapat menjadi agenda tahunan yang terus dilaksanakan. Melalui pelaksanaan Pasanggiri Mojang Jajaka ini, diharapkan dapat membawa para mojang jajaka menjadi agen serta pewaris dalam hal promosi pariwisata, budaya, ekonomi kreatif, dan potensi luar biasa yang dimiliki oleh Kabupaten Garut.