Wabup H.Yana D Putra Sampaikan Pemda Selalu Perjuangkan Nasib Penyuluh Ciamis

0

Pewarta: Dede Irwan

KAB.CIAMIS. FOKUSPRIANGAN.ID – Wakil Bupati Ciamis, H. Yana D Putra menghadiri dengan antusias Jambore Penyuluhan Pertanian Tingkat Kabupaten Ciamis 2023 di Bukit Samida, Kecamatan Rajadesa, Jum’at malam (17/11/2023).

Dalam sambutannya, Wabup mengapresiasi dedikasi para penyuluh yang telah berkontribusi pada kemajuan ekonomi Ciamis. Pertumbuhan ekonomi kabupaten ini mengalami peningkatan signifikan dari 3,6 menjadi 5,3, dengan sektor pertanian mendominasi kontribusi PDRB.

“Kemandirian ekonomi sejahtera akan terwujud bila sektor pertanian dikelola dengan baik, dan kami menyadari peran penting bapak ibu para penyuluh dalam mewujudkannya,” ujar Wabup, menyampaikan harapannya agar capaian hari ini dapat terus ditingkatkan di masa depan.

Wabup juga membahas perubahan status kepegawaian penyuluh setelah ditandatanganinya UU ASN oleh Presiden Jokowi. Meski honorer tidak diakui mulai 2024, Wabup menegaskan Pemda akan terus berjuang untuk nasib penyuluh, khususnya PPL Daerah di Ciamis.

“Semua PPL di Kabupaten Ciamis akan senantiasa kita perjuangkan, saat ini hanya di Ciamis yang mengangkat PPL Daerah dimana gajinya murni dari APBD hal itu karena para penyuluh selalu menjadi prioritas kami,” ucapnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ciamis, Slamet Budi Wibowo mengatakan kegiatan jambore pertanian tahun ini diikuti oleh peserta sebanyak 300 peserta dari penyuluh pertanian Ciamis, komisi penyuluh pertanian, unsur UPTD se-Kabupaten Ciamis dan pegawai Dinas Pertanian Ciamis.

Kegiatan diisi dengan berbagai lomba seperti lomba inovasi tehnologi, pembuatan media penyuluhan dan lainnya.

“Kegiatan jambore pertanian ini sudah sejak tahun kemarin diselenggarakan, ini tentunya berkat dukungan dan dorongan Bupati dan KTNA, dan mungkin hanya di Ciamis yang Jambore Penyuluhnya masih terus berjalan termasuk HKP juga,” ungkapnya.

Baca Juga  97 Orang Warga Desa Ciherang Kecamatan Karangtengah Cianjur Terima BST

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here