Penerapan Internet of Things (IoT) Dalam Manajemen Operasional

Nasional Pendidikan Sosial

NASIONAL. FOKUSPRIANGAN.ID – Internet of Things (IoT) adalah sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Dalam IoT, perangkat elektronik dan objek fisik lainnya dapat saling berkomunikasi melalui internet.

Ini memungkinkan perangkat untuk mengumpulkan data, berbagi informasi, dan mengambil tindakan berdasarkan data yang diterima. IoT menghubungkan berbagai perangkat, mulai dari sensor, peralatan rumah tangga, kendaraan, hingga peralatan industri. Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata. IoT telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam dunia bisnis. Teknologi IoT di dunia bisnis sangat berperan besar untuk meningkatkan produktivitas, mengumpulkan data baru dan membantu para pengusaha membuat keputusan yang lebih baik dan lebih tepat. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang penerapan IoT dalam manajemen operasional, yaitu proses yang melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan pengawasan aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan produksi atau penyediaan barang dan jasa.

IoT dapat memberikan manfaat-manfaat berikut ini dalam manajemen operasional:
Memangkas Biaya Operasional. Dengan menggunakan perangkat-perangkat IoT yang terhubung dengan internet, perusahaan dapat menghemat biaya operasional yang seharusnya ditangani secara manual oleh manusia. Misalnya, pemantauan berbagai proses atau peralatan, seperti sistem pemanas dan pendingin, mesin produksi, kendaraan pengiriman, dan sebagainya.

Perangkat-perangkat IoT dapat mengirimkan data tentang kondisi, performa, lokasi, dan kebutuhan perawatan dari peralatan-peralatan tersebut secara real-time. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk mengurangi biaya perbaikan, pemeliharaan, bahan bakar, tenaga kerja, dan lain-lain.

Meningkatkan Efisiensi Kerja. Dengan menggunakan perangkat-perangkat IoT yang terhubung dengan internet, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi kerja dari karyawan, mitra, dan pelanggan. Misalnya, dengan menggunakan sensor-sensor IoT yang dipasang pada produk-produk yang dijual atau disewakan kepada pelanggan, perusahaan dapat memantau kinerja, status, dan tingkat layanan dari produk-produk tersebut dari lokasi terpencil. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk memberikan dukungan saat pelanggan membutuhkannya, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan menciptakan peluang penjualan baru. Selain itu, dengan menggunakan sensor-sensor IoT yang dipasang pada aset-aset inventaris di gudang atau di rantai distribusi, perusahaan dapat melacak perubahan inventaris secara akurat dan tepat waktu. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk mengoptimalkan manajemen persediaan, mengurangi kehilangan atau kerusakan barang, dan meningkatkan kecepatan dan ketepatan pengiriman.

Menyediakan Insight Data untuk Pengambilan Keputusan Bisnis. Dengan menggunakan perangkat-perangkat IoT yang terhubung dengan internet, perusahaan dapat mengumpulkan dan menganalisis data-data baru yang berasal dari berbagai sumber, seperti produk-produk, pelanggan-pelanggan, karyawan-karyawan, mitra-mitra, lingkungan sekitar, dan sebagainya. Data-data ini dapat memberikan insight-insight yang berharga untuk pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik dan lebih tepat. Misalnya, dengan menggunakan data-data tentang perilaku dan preferensi pelanggan yang dikumpulkan oleh sensor-sensor IoT pada produk-produk atau aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh pelanggan, perusahaan dapat mengetahui kebutuhan-kebutuhan pelanggan secara lebih mendalam, menyesuaikan penawaran-penawaran produk atau layanan sesuai dengan kebutuhan tersebut, dan meningkatkan keterlibatan dan kepuasan pelanggan. Selain itu, dengan menggunakan data-data tentang kinerja dan efisiensi proses-proses operasional yang dikumpulkan oleh sensor-sensor IoT pada peralatan-peralatan atau sistem-sistem yang digunakan oleh perusahaan, perusahaan dapat mengevaluasi dan meningkatkan kualitas produk atau layanan, mengidentifikasi dan mengatasi masalah-masalah operasional, dan mencari peluang-peluang untuk inovasi dan peningkatan.

Berikut ini adalah beberapa contoh penerapan IoT dalam manajemen operasional di berbagai bidang bisnis:
Pertanian. Dengan menggunakan sensor-sensor IoT yang dipasang pada tanaman, tanah, udara, dan air, petani dapat memantau kondisi lingkungan pertanian secara real-time dan mengatur sistem irigasi, penanaman, pemupukan, dan pemanenan secara otomatis. Hal ini dapat membantu petani untuk meningkatkan hasil panen, mengurangi biaya operasional, dan menghemat sumber daya alam.

Manufaktur. Dengan menggunakan sensor-sensor IoT yang dipasang pada mesin-mesin produksi, bahan baku, produk jadi, dan peralatan-peralatan lainnya, pabrik dapat memantau proses-proses produksi secara real-time dan mengendalikan kualitas produk, efisiensi energi, keamanan kerja, dan pemeliharaan mesin secara otomatis. Hal ini dapat membantu pabrik untuk meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Perdagangan. Dengan menggunakan sensor-sensor IoT yang dipasang pada produk-produk yang dijual di toko-toko atau online, pedagang dapat memantau stok produk, permintaan pelanggan, perilaku pembelian, dan preferensi pelanggan secara real-time dan menyesuaikan penawaran-penawaran produk, harga, promosi, dan layanan sesuai dengan kebutuhan tersebut. Hal ini dapat membantu pedagang untuk meningkatkan penjualan, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Transportasi. Dengan menggunakan sensor-sensor IoT yang dipasang pada kendaraan-kendaraan pengiriman barang atau penumpang, pengusaha transportasi dapat memantau lokasi, kecepatan, arah, bahan bakar, dan kondisi kendaraan secara real-time dan mengatur rute-rute pengiriman, jadwal-jadwal perjalanan, biaya-biaya operasional, dan layanan-layanan tambahan secara otomatis. Hal ini dapat membantu pengusaha transportasi untuk meningkatkan efisiensi kerja, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Tantangan dalam Penerapan IoT dalam Manajemen Operasional Meskipun IoT menawarkan banyak manfaat dalam manajemen operasional, ada beberapa tantangan yang harus diatasi, termasuk keamanan data, ketersediaan jaringan yang dapat diandalkan, dan biaya implementasi yang tinggi. Keamanan data menjadi perhatian utama karena data yang dikumpulkan oleh perangkat IoT dapat menjadi target serangan cyber. Oleh karena itu, perusahaan harus memastikan bahwa sistem mereka dilengkapi dengan langkah-langkah keamanan yang tepat.

Editor : Red