Polres Garut Berikan Penghargaan Kepada Polisi Penyelamat Korban Ganjal ATM

Fokus Jabar Sosial

Pewarta : Aep Saepudin

KAB.GARUT. FOKUSPRIANGAN.ID – Aiptu Rd. Dany Budiawan ialah seorang polisi yang juga merupakan anggota dari Satuan Lalu Lintas Polres Garut. Anggota Satlantas Polres Garut ini viral di media sosial, karena aksinya menyelamatkan seseorang warga yang nyaris jadi korban kejahatan dengan modus ganjal atm di salah satu pusat perbelanjaan Kota Garut.

Kejadian tersebut terjadi pada hari Rabu tanggal 20 September 2023, Lalu Pria kelahiran Kota Bandung 47 tahun silam itu ketika sedang melaksanakan tugas di Pos Polisi Bundaran Suci Garut, ia didatangi oleh seseorang warga yang melaporkan kejadian saat melakukan penarikan uang di ATM, struk bukti penarikan telah keluar namun uang tersebut tertahan/tidak keluar.

Mendengar hal tersebut Aiptu Dany bergegas menuju ATM yang dimaksud bersama warga tersebut, setelah dilakukan pemeriksaan ia menemukan sesuatu yang mencurigakan di dalam ATM itu sebagai bentuk bukti sekaligus ingin memberikan edukasi Aiptu Dany meminta warga tersebut untuk merekamnya.

Dalam videonya ia menjelaskan dengan rinci bahwa lubang keluar uang di ATM tersebut tertutup oleh lakban, lalu Aiptu Dany mengeluarkan uang yang tertahan oleh lakban tersebut dan disaksikan langsung oleh korban serta warga sekitar. Setelahnya ia menyerahkan uang tersebut kepada korban lalu melaporkan kejadian tersebut ke pihak bank terkait.

Bertepatan dengan perayaan HUT Lalu Lintas Polri tingkat Polres Garut, Kapolres Garut AKBP Rohman Yonky Dilatha, S.I.K, M.Si, yang diwakili Waka Polres Garut Kompol Yopy M Suryawibawa, S.Pd., S.I.K., M.M., C.P.H.R., memberikan penghargaan kepada Aiptu Dany atas kinerjanya membantu masyarakat dan edukasi mengenai modus Ganjal ATM (Anjungan Tunai Mandiri) di wilayah hukum Polres Garut pada Senin (25/09/2023).

Dikatakan Waka Polres Garut, “Bapak Aiptu Dany ini perlu kita contoh dan apresiasi atas aksi heroiknya yang menyelamatkan warga dari aksi kejahatan pengganjalan atm, tugas polisi bukan hanya sesuai fungsinya saja namun sudah menjadi kewajiban untuk melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. Polres Garut bangga memiliki anggota seperti beliau.” Ucapnya.