Desa Gadog Gelar Peningkatan Kapasitas Ketua Rt dan Rw

0

Pewarta: Faisal

CIANJUR. FOKUSPRIANGAN.ID – Sosialisasi peningkatan kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Rt dan Rw, digelar di Aula Desa Gadog kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur, Selasa (5/9/23).

Sosialisasi ini dihadiri oleh Camat Pacet, Sekmat Pacet, Ketua BPD, Kasi Trantib, Kepala Desa, Sekdes, staf Desa, dan seluruh ketua RT dan ketua RW.

Kegiatan sosialisasi peningkatan kapasitas RT dan RW ini penting untuk memperkuat tugas fungsi para ketua RT/RW, sebagai unit organisasi akar rumput yang paling dekat serta bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Camat Pacet Doni Herdiana mengatakan kalau kegiatan ini bagus ya yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Fadog. Inti nya, ucap Doni, pihak desa memfasilitasi Rt dan Rw nya untuk di tingkatkan kemampuan baik ketrampilan juga pengetahuan dalam kegiatan ini.

“Saya pikir pak sekdes ini bagus Alhamdulillah nuhun mudah-mudahan dalam kegiatan ini pemerintahan desa lebih baik dan lebih kompak dengan lembaga-lembaga lain nya,” katanya.

Menurut Doni, pelayanan tentu nya tidak harus digitalisasi, tapi itu bertahap. “Semoga ke depannya yang mana pelayanan harus memakai digitalisasi di tingkat ke Rt an atau ke Rw an, dan ini bertahap tidak bisa langsung,” ujar Doni.

Sementara itu, Sekdes Gadog mengatakan kalau dalam kegiatan ini, setidak nya masyarakat bisa tersadarkan lagi masalah PBB. “Untuk kegiatan hari ini sedikit saja, karena ada beberapa hal penting yang harus kita sampai kan kepada Rt dan Rw melalui kegiatan peningkatan kapasitas ini,” katanya.

Acara ini ucapnya, akan dilakukan mungkin tahun depan secara continue. “Kapasitas yang akan kita berikan pertama pemahaman terkait pemerintahan dasar yang ada di kabupaten Cianjur, khususnya kegiatan peran serta ketua Rt Rw sebagai mitra pemerintahan, terus peran penting dalam keamanan lingkungan, pemberdayaan masyarakat, terakhir harus mampu dalam bidang keagamaan,” ujar Sekdes.

Baca Juga  Pemilihan Ketua Karangtaruna Desa Tanjungsari Berjalan Mulus

Ketua BPD, Dikdik M Sidik menambahkan, dengan ada nya kegiatan kapasitas Rt dan Rw ini, ada maksud dan tujuan ialah bagaimana supaya ketua Rt dan Rw se Desa Gadog ini bisa memahami tupoksi tugas fokok dan pungsi.

Sehingga dengan kapasitas Rt Rw ini akan lebih bisa dan mampu untuk memajukan masyarakat dan juga menyesejahterakan masyarakat. “Mudah-mudahan dengan kegiatan ini para Rt dan Rw bisa menyerap apa yang sudah kita sampaikan,” tandas Dikdik.

Editor: Rusdi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here