Kelabui Warga Cikatomas Agar Mau Bekerja ke Malaysia, AW Pelaku TPPO Ditangkap Polisi

Fokus Kab Tasik Hukum dan Kriminal

KAB.TASIK.FOKUSPRIANGAN.ID – AW (36) Seorang pelaku Tindak Pidana Perdagangan Orang ( TPPO ) ditangkap petugas Satreskrim Polres Tasikmalaya di tempat ia bekerja di Kabupaten Majelangka Jawa Barat.

Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya AKP Ari Rinaldo mengatakan, pelaku yang mengelabui korban bernama Lusi (27) warga Cikatomas itu ditangkap pada hari Selasa (22/8/23). “Alhamdulilah, hari Selasa kemarin pelaku kita amankan di tempat kerjanya di Majalengka,” ucap Ari, Kamis (24/8/23).

Dari hasil pemeriksaan sementara, lanjut Ari, modus pelaku dalam kasus TPPO ini, yakni dengan iming iming akan mempekerjakan korbannya menjadi cleaning service perusahaan di Malaysia dengan aman dan resmi. Gajinya pun cukup besar dibanding bekerja dibidang yang sama di Indonesia. “Pelaku menjanjikan bahwa si korban ini bisa bekerja di luar negeri dengan resmi dengan gaji lebih besar di Indonesia. Pelaku ini mendapatkan upah 4 juta dari satu orang yang berhasil direkrut,” kata Ari.

Akibat perbuatannya tersebut, lanjut Ari, pelaku terancam pasal 2 ayat (1), (2) atau Pasal 4 UU RI No. 21 tahun 2007 tentang Pemberantasan TPPO atau pasal 81 Jo 69 atau pasal 83 Jo 68 Jo pasal 5 huruf b sampai dengan huruf e UU RI No. 18 tahun 2017 tentang PPMI.
“Ancaman hukumannya 15 tahun penjara,” tandas Ari.