Sultoni Sosok Ketua Rw dan Ketua DKM di Desa Tenjoayu yang Menolong Warga dan Mengajak Warga Menjadi Ahli Sodaqoh

FOKUS SUKABUMI Sosial

Pewarta: Rusdi

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Walau tarafnya hanya tingkat Rw, tetapi sepak terjang Sultoni Ketua Rw 06 Kampung Nangklak Desa Tenjoayu Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi, patut diacungkan jempol.

Tidak hanya memperhatikan warganya yang sakit akibat tidak mampu berobat, Sultoni Ketua Rw 06 ini pun juga pernah membedah rumah warganya yang tidak mampu, bahkan juga pernah mengganti sepeda motor warganya yang berprofesi sebagai tukang ojeg.

Ketika dikomformasi FokusPriangan.id, Sultoni mengaku bahwa dirinya hanyalah menjalankan amanat sebagai seorang pemimpin. “Saya tidak sembarang menggalang dana untuk kepentingan warga, soalnya saya lihat dan pertimbangkan dulu apakah ini perlu dilakukan penggalangan dana atau bagaimana ?,” ucap Sultoni, Sabtu (12/8/23).

Seperti untuk pengobatan Anggun (13) anak dari Irwan yang berprofesi sebagai tukang ojeg pangkalan di perempatan Nangklak. “Anggun saat ini penyakitnya harus dilakukan operasi, di usianya ini Anggun menderita penyakit Kista pada rahimnya, sementara perutnya membengkak,” kata Sultoni Ketua Rw dan Ketua DKM.

Anggun mendapat penanganan di RSCM Jakarta, kista yang ada di rahimnya diangkat. “Alhamdulillah sekarang Anggun sudah ditangani tim bedah RSCM Jakarta,” ujarnya.

Sultoni sengaja melakukan penggalangan dana, lantaran berbagai pertimbangan. “Salah satunya Anggun adalah keluarga tidak mampu, dan penyakitnya butuh penangan yang serus dan biaya yang lumayan besar,” terangnya.

Kalau dirinya tidak turun tangan menggerakan warga atau pihak lain untuk berdonasi, ucap Sultoni, bagaimana kelanjutan hidup Anggun nanti. “Alhamdulillah saya sangat berterimakasih kepada para donatur, yang telah ikhlas berdonasi untuk pengobatan Anggun,” katanya.

Sultoni mengungkapkan, kalau dirinya juga pernah menggalang dana untuk warga yang berprofesi sebagai tukang ojeg. “Dulu beritanya pernah dimuat di FokusPriangan, saya menggalang dana untuk membeli sepeda motor tukang ojeg yang motornya hilang,” ungkapnya.

Sultoni menuturkan, saat itu, terkumpul donasi hanya dalam waktu 1 hari. “Donasi yang terkumpul bisa untuk membeli sepeda motor dan uang cash untuk bekal hidupnya,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Sultoni menuturkan berbagai donasi telah dilakukan untuk membantu warganya. “Saya hanya melaksakan bagaimana menjadi pemimpin dan mengajak warga untuk menjadi ahli sodaqoh,”pungkasnya.