Profil Singkat Budiyanto, S.Pi Bakal Calon Anggota DPD RI Dapil Jawa Barat Peraih Penghargaan Legislator Perubahan Inspiratif dan Visioner Indonesia 2021

Fokus Jabar Politik Sosial

Pewarta: Ogi

BEKASI. FOKUSPRIANGAN.ID – Mungkin tak banyak orang yang bisa melakoni tiga peran sekaligus, sebagai pengusaha, aktivis hingga politisi. Namun tiga peran itu bisa dijalani dengan baik oleh Budiyanto, S.Pi, pria berprestasi kelahiran Bekasi 10 Agustus 1977 silam yang saat ini juga menjabat sebagai salah satu anggota DPRD Kabupaten Bekasi dua periode.

Menjalankan berbagai peran dengan kinerja yang sangat baik tentu bukan hal yang mudah, hanya orang hebat yang bisa melakukannya. Budiyanto menjalankan semua peran dan posisinya dengan baik, dibuktikan dengan diterimanya berbagai penghargaan dan apresiasi yang diterimanya, dan berbagai program-program kerja yang berhasil dilakukan.

Apa yang didapatkan Budiyanto saat ini, tentu bukan hal yang begitu saja dapat diperoleh. Melainkan melalui proses yang cukup panjang serta kebiasaan baik yang sudah lama dijalankan, salah satunya Budiyanto sejak kuliah dikenal sebagai mahasiswa yang aktif.

Perjalanan Studi Budiyanto, S.Pi
Sejak sekolah SD, SMP, SMA dan sampai Perguruan Tinggi, Budiyanto selalu produktif khususnya dalam memanfaatkan waktu luangnya. Budiyanto memulai studinya di sekolah dasar SDN Tunas Karya (sekarang SDN Pasirtanjung 03) Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi, Kemudian melanjutkan SMPN 2 Lemahabang (sekarang SMPN 1 Cikarang Timur) Kabupaten Bekasi, menempuh sekolah menengah atas di SMAN 5 Karawang dan mendapatkan gelar Sarjana Perikanan (S.Pi) di Institut Pertanian Bogor (IPB University).

Selama kuliah, Budiyanto aktif berorganisasi dan berbagai kegiatan seperti politik, ekonomi, sosial, keagamaan, seni budaya dan olahraga. Lebih dari 3 (tiga) tahun menjadi marboth dan muadzin Masjid Al Hurriyah Kampus IPB University di Dramaga Bogor. Meskipun aktif di organisasi tapi Budiyanto tetap mampu berprestasi secara akademik.

Dalam berbagai organisasi, Budiyanto selalu menjabat sebagai ketua atau pembina. Mulai Ketua Osis, Ketua Himpunan, Ketua BEM, Ketua Ormas, Ketua Alumni, Ketua Paguyuban Seni, Ketua Olahraga, Ketua Organisasi Mahasiswa Pengusaha Tingkat Nasional (Himapindo) dan sejumlah jabatan lainnya.

Berbekal modal keaktivisannya dan jaringan institusi IPB yang telah memiliki nama besar dalam tataran dunia kampus dan birokrasi di institusi Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Budiyanto terus berkarya dan mengembangkan sayap organisasi melalui jaringan Alumni IPB University.

Terjun di Dunia Politik dan Bisnis
Pada pemilu legislatif 2009, Budiyanto dicalonkan sebagai Anggota DPRD Kabupaten Bekasi dengan nomor urut 8 dari Partai Keadilan Sejahtera, Dapil 1 yang meliputi Cikarang Pusat, Cikarang Selatan, Serangbaru, Bojongmangu, Cibarusah dan Setu, dan berhasil meraih suara terbanyak dengan perolehan 5.686 suara dan memperoleh 9.717 suara di Pemilu 2019 yang menghantarkannya kembali menjadi salah satu anggota DPRD Kabupaten Bekasi yang kritis dan produktif. Selain menjadi Anggota DPRD Kabupaten Bekasi, Budiyanto juga selalu aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan dan dunia bisnis diberbagai jenis usaha.

Budiyanto merupakan politisi lokal Kabupaten Bekasi yang mampu membuka komunikasi terbuka dengan berbagai kalangan. Sangat akrab dengan beberapa petinggi birokrasi ditingkat nasional maupun lokal, dekat dengan kalangan media dan LSM berbagai jenis profesi, berkomunikasi baik dengan pihak kampus negeri maupun swasta, menjadi pembina diberbagai organisasi tingkat Kabupaten Bekasi dan sangat dekat dengan semua kalangan aktivis mahasiswa.

Dan juga sangat membangun hubungan baik dengan semua pergerakan baik eksternal maupun internal kampus seperti HMI, GMNI, PMII, KAMMI, SEMMI, PP Muhammadiyah, PP Al Irsyad, BEM, Mapala dan juga kalangan profesional seperti Apindo, Kadin, Aspelindo, KTNA, Penyuluh, Pengusaha, Seniman, Olahragawan, Notaris dan juga organisasi profesi lainnya serta bersinergi dengan pimpinan dan personal anggota ormas-ormas besar di Kabupaten Bekasi seperti Pemuda Pancasila, GMBI, LMP, GIBAS, GSMB, GMI, GPMI, BATARAKARANG, TRINUSA, Singa Bekasi dan lembaga swadaya masyarakat lainnya seperti LSM SNIPER, LAMI, PENJARA, JMPD dan lain sebagainya.

Sedangkan terjun di dunia bisnis dan wirausaha, Budiyanto sudah mulai sejak sekolah dasar dengan jualan gorengan dan es mambo, bahkan Budiyanto telah berwirausaha sejak ia lulus menjadi sarjana. Budiyanto memiliki banyak relasi dari berbagai kalangan orang-orang hebat. Entah itu orang hebat di dunia birokrasi, dunia bisnis maupun politik. Relasinya itu yang membuat ia mempelajari banyak hal baik ilmu pemerintahan, bisnis maupun politik.

Terjun di dunia politik dan bisnis, Budiyanto sama-sama menorehkan banyak prestasi dan penghargaan. Prestasi dan penghargaan yang berhasil diraihnya menjadi bukti bahwa Budiyanto menjalankan perannya di politik maupun bisnis dengan dedikasi dan kinerja yang sangat baik.

Bagi Budiyanto, tidak banyak waktu yang terbuang sia-sia, semangat membangun Indonesia dengan penguatan jalur pilar demokrasi partai politik menjadi pilihan tepat Budiyanto. Jika ingin memberikan kemanfaatan yang lebih besar kepada masyarakat salah satu pilihannya harus menjadi penyelenggara negara baik menjadi eksekutif maupun dilembaga legislatif. Ruh politik pergerakan Budiyanto dimulai sejak kecil di SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi yang kemudian sekarang memiliki modal dasar pengetahuan dan wawasan poleksosbudhankamrata bahwa untuk membangun Indonesia harus komitmen terhadap Pancalisa dan UUD 1945 dan mampu membangun komunikasi dengan semua komponen bangsa dengan prinsip Bhineka Tunggal Ika dan menjadi rahmat bagi seluruh alam dengan membangun hubungan yang harmonis baik dengan sesama anak bangsa maupun dengan lingkungan alam sekitar kita.

CEO Budiyanto Corporation ini juga membawahi beberapa perusahaan dengan jenis usaha yang berbeda. Ada yang bergerak di bidang pengelolaan limbah industri, penyedia jasa tenaga kerja, bidang konstruksi dan pertamanan, jasa perizinan, jasa kebersihan taman dan gedung dan beberapa jenis usaha lainnya. Telah memiliki lebih dari 1000-an orang.

Budiyanto Corporation juga terus membangun jaringan usaha baik dengan perusahaan lokal dan juga multi nasional seperti bermitra dengan perusahaan Jepang, China, Korea dan juga perusahaan lokal lainnya di Kawasan Industri Kabupaten Bekasi, Karawang, Tangerang, Bogor dan Jakarta.

Budiyanto menjadi sosok sumber motivasi dan inspirasi bagi orang orang yang selalu berusaha mendedikasikan waktu dan pikirannya yang bukan hanya untuk kepentingan dirinya tapi untuk banyak orang. Khususnya bagi anak-anak muda milenial dan kalangan mahasiswa pergerakan diberbagai kampus di Indonesia dari Sumatera Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Indonesia bagian timur.

Segudang Prestasi dan Penghargaan
Budiyanto adalah salah satu anak bangsa yang memiliki deretan prestasi dan penghargaan yang membanggakan. Sejak di Kampus IPB, Budiyanto telah mengukir prestasi, ia pernah menjadi Pemain Terbaik dan Top Scorer Kompetisi Sepok Bola Tingkat Persiapan Bersama IPB 1997/1998. Pada tahun 2003 ia pernah menjadi Juara 1 Nasional: Kelompok Penelitian Mahasiswa, Riset Kelautan Nasional di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Seawatch BPPT MENEGRISTEK RI, Departemen Kelautan dan Perikanan RI dan IPB University. Budiyanto juga aktif mengikuti berbagai Lomba Karya Inovatif Produktif yang dilaksanakan Kampus IPB dan Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan Republik Indonesia saat itu.

Pemuda Pelopor Kabupaten Bekasi, Bidang Pendidikan & Pemberdayaan Masyarakat 2006, Finalis Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Jawa Barat, Indonesian Top Leader Award 2013 di Manado, Indonesian Best Economic Award 2014-2015 di Surabaya, Man & Women of the Year 2013 di Bandung, Parliament Awards 2013-2014 di Jakarta, Tokoh Peduli Sosial Indonesia 2016-2017 di Bali, Narasumber & Motivator Nasional Kewirausahaan Mahasiswa 2016 s/d saat ini, serta segudang prestasi lain yang berhasil diraihnya adalah bukti nyata bahwa Budiyanto memiliki integritas yang tinggi.

Terbaru Budiyanto sebagai pemilik SSB BSG Citra dan Pembina Team Liga 3 Bekasi United terpilih menjadi Anggota EXCO ASKAB PSSI Kabupaten Bekasi periode 2023-2027 dalam Kongres Luar Biasa PSSI Kabupaten Bekasi.

Dengan modal pengalaman berpolitik di Kabupaten Bekasi, Ketua Syarikat Islam dan Dewan Penasehat KTNA yang juga sebagai Dewan Pembina Pengurus Lingkungan Forum RT/RW Kabupaten Bekasi, Budiyanto bertekad untuk memberikan kemanfaatan lebih besar dengan mendaftarkan diri menjadi Bakal Calon Anggota DPD RI Dapil Jawa Barat untuk periode 2024-2029.

Budiyanto telah mengundurkan diri sejak 16 Desember 2022 sebagai Anggota DPRD Kabupaten Bekasi dan fokus mempersiapkan proses pencalonan DPD RI Dapil Jawa Barat agar fokus meraih kemenangan untuk menjadi Senator Muda dari Jawa Barat dengan mengusung Tagline “Jawa Barat Membangun Indonesia” dengan Motto “Aspiratif, Edukatif dan Menginformasi Publik”.