Sowa’a Laoli SE, M.Si : Ayo Ikuti dan Sukseskan Kegiatan Raimuna Cabang 1 Gunungsitoli

Nasional Pemerintahan Pendidikan Sosial

Pewarta: Juli Berkat Bate’e

GUNUNG SITOLI.FOKUSPRIANGAN.ID –  Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Gunungsitoli akan menggelar Raimuna Cabang 1, 29 Juni – 2 Juli 2023, bertempat di Lapangan Pelita Gunungsitoli.

Ketua Kwarcab Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli SE, M. Si Mengajak kita semua terutama Gugus Depan Pramuka yang berada di kota Gunungsitoli untuk ikut serta menyukseskan kegiatan Raimuna Cabang 1 yang akan di laksanakan pada tanggal 29 Juni – 2 Juli 2023.

“Saya mengajak semua adek-adek gugus depan yang berada di kota Gunungsitoli untuk ikut serta menyukseskan kegiatan ini, yang akan segera kita gelar berapa hari lagi,” Harap Sowa’a Laoli.

Koordinator Acara dan Kegiatan Tubertoni Zebua saat dikonfirmasi  menjelaskan Raimuna adalah sebuah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar di Indonesia, serta diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka. Pelaksanaan Raimuna mulai dari tingkat kwartir ranting atau kecamatan hingga tingkat nasional.

Raimuna berasal dari bahasa Ambai, daerah Yapen Timur, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Kemudian kata raimuna merupakan gabungan dari dua kata, yakni rai dan  muna, rai memiliki arti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu, lalu muna adalah daya jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam pencapaian kesuksesan.

“Ini kegiatan pertemuan besar di tingkat Penegak dan Pendega. Kalau di tataran penggalang nama kegiatannya Jambore, sedangkan untuk tataran Pembina namanya Karang Pamitran yang sedang berlangsung di Sibolangit,” ucapnya.

Tubertoni menjelaskan, dari 25 SMA/SMK dan 4 MA baru sekitar 11 sekolah yang mendaftarkan diri, meski peserta sangat  antusias mengikuti kegiatan tersebut namun dukungan dari sekolah terbatas, sehingga sekolah yang mendaftar masih kurang 50 persen. Meski demikian ada simpatisan dari kabupaten Nias Barat yang ikut serta.

Raimuna Cabang 1 ini dipastikannya seru karna dimeriahkan dengan kegiatan atraksi seni budaya, kegiatan bersama Basarnas dan Museum Pusaka Nias,Bakti Sosial,  Outbound dan Malam api unggun.

Adapun Tema Raimuna Cabang 1 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Gunungsitoli tahun 2023 yakni Aine artinya Aktif, Inovatif, Nasionalis, Edukatif.