Anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya Dadan Daruslan Berikan Pembinaan Pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban Bagi DKM

0

Pewarta : H Amir

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Bertempat di halaman pemandian Mobil Dadan yang beralamat di Kp Rarang Jami RT 01 RW 02 Kecamatan Indihiang, Anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya, Dadan Daruslan kembali mengadakan pembinaan bagi masyarakat, yang mana kali ini pesertanya adalah pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), Kamis (22/06/23).

Dadang Daruslan menerangkan bahwa kegiatan pembinaan yang kali ini diadakan merupakan kegiatan pembinaan Pelatihan Penyembelihan dan Penanganan hewan qurban. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutinitas tahunan sebelum Idul Adha yang biasa dilaksanakan.

Ini merupakan aspirasi dari masyarakat di kala kami mengadakan reses ada permintaan kepada kami untuk dilaksanakan kegiatan pembinaan pelatihan penyembelihan dan penanganan hewan qurban. Karena itu dianggap perlu oleh masyarakat, karena selama ini kan selalu di masyarakat itu berqurban.

Jadi masyarakat ingin ada di lingkungannya yang lahir dan mengerti tata cara penyembelihan. Untuk peserta yang mengikuti kegiatan ini ada sekitar 160 peserta dari 31 DKM. Sebenarnya banyak sekali ada 69 DKM tapi nanti mudah-mudahan di bulan Oktober nanti kami ada anggaran lagi untuk masyarakat mungkin saya akan menggelar kembali untuk DKM yang belum.

Peserta yang ikut di kegiatan ini ada yang dari Bungursari, Kecamatan Indihiang, Kecamatan Cipedes. Bahkan banyak DKM diluar peserta yang kita undang hadir kesini untuk sekedar menimba ilmu saja, ada yang dari Ciamis dan Banjar.

Pihaknya terbuka bagi siapapun yang ingin belajar cara menyembelih hewan kurban. Hanya saja pihaknya cuma bisa menyediakan konsumsi saja, lain halnya dengan peserta undangan mereka diberi paket peralatan untuk menyembelih hewan kurban.

Ia menyebut, pelatihan kali ini sedikit berbeda dengan tahun lalu, dimana tahun lalu kita hanya mempraktikan cara menyembelih secara manual, kali ini diprakitkan juga cara menyembelih menggunakan alat modern, namanya grobak penyembelihan.

Baca Juga  Sat Lantas Polres Pematang Siantar Rutin Patroli Ke Kantor KPU dan Bawaslu

“Itu baru sampel saja, kalau masyarakat sekiranya membutuhkan grobak penyembelihan tersebut, In Syaa Alloh tahun depan coba kita anggarkan untuk tiap DKM,”ucap Dadan.