PPDB Online 2023 Banyak Hal Yang Lebih Baik Untuk Pendaptaran Siswa. Ini Kata Kepsek SMPN II Cianjur

Fokus Cianjur Pendidikan Sosial

Pewarta: Rafli Hidayat

KAB. CIANJUR. FOKUSPRIANGAN.ID – Disdikpora kabupaten Cianjur telah bekerja sama dengan pelayanan data Pusdatin Kemdikbudristek, dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tahun 2023, karena ini di anggap lebih baik dari sebelumnya.

Menurut kepala SMPN II Cianjur Tono Hartono, hal ini memiliki fungsi yang salah satunya adalah, untuk melaksanakan data pelayanan bagi siswa siswi baru,” ucapnya Rabu (21/06/23).

Tono menambahkan, sehingga website PPDB SMP masuk link Dapodik, hal tersebut sangat menguntungkan bagi siswa siswi yang akan melakukan pendaptaran, bahkan untuk SMP yang akan dia tunjuk, sehingga bagi pendaftar bisa di untungkan, karena hanya mengisi formulir online cukup memasukan NISN saja,” terangnya.

“Masih menurut kepala SMPN II Cianjur, artinya tidak usah mengisi data lain, karena hal ini mempermudah dan mempercepat proses daptar secara online, sedangkan keuntungan bagi sekolah yang di tuju, dan siswanya di terima, maka operator Dapodik SMP tidak usah lagi mengimput data di Dapodik secara perorangan, Tinggal narik data yang ada website ke dapodik,” ucapnya.

Data siswa baru yang masuk ke Dapodik SMP, berbeda dengan tahun sebelumnya, cara mengimput siswa baru kelas 7 itu memerlukan waktu yang cukup lama, antara satu minggu bahkan bisa 10 hari.

“Menurut saya bagus PPDB online di terapkan di Cianjur, karena bagi SMPN ada nilai pendidikan dan pengalaman belajar bagi pendaftar, baik bagi orang tua siswa, operator SD dan masyarakat, juga panitia PPDB sebagai verifikator,” jelasnya.

Karena hal tersebut sangat berguna dalam rangka meningkatkan kemampuan bagi pengguna aflikasi online, seperti yang di ketahui di jaman sekarang, melamar pekerjaan pun menggunakan aflikasi online, daptar perguruan tinggi, transaksi keuangan bahkan hal ini di lakukan secara online.

Pelayanan PPDB itu hanya berlangsung setahun sekali, kalau pun pada tahun kemarin ada yang melakukan pendaptaran online, pasti akan lupa lagi pada waktunya, tidak luput dari kendala,” kata Tono.

PPDB tahun ini secara umum sangat berhasil, terbukti dan sampai hari ke tiga belum habis jumlah, hingga mencapai 6,873 pendaptar ke 20 sekolah peserta PPDB online, di banding tahun kemarin mencapai anggka hingga 2000,” pungkasnya.