Kabar Terkini Pasca Longsor dan Banjir di Pagelaran Cianjur Selatan

Fokus Cianjur Sosial

Pewarta: Rafli Hidayat

KAB. CIANJUR. FOKUSPRIANGAN.ID – Pasca longsor dan banjir di kecamatan Pagelaran kabupaten Cianjur Jawa Barat, seluruh warga yang terdampak longsor dan banjir kini sudah di evakuasi ketempat yang lebih aman.

Hal ini di sampaikan langsung oleh kordinator kecamatan Retana Pagelaran, pada wartawan, Selasa (20/06/2023).

Untuk membersihkan matrial longsoran, di lakukan langsung Tim PUTR kabupaten Cianjur yang tiba di lokasi, pasalnya matrial longsoran menutupi badan jalan,” katanya.

Menurut saksi mata Iwan menjelaskan, saat hujan turun dengan deras dalam waktu yang lama, kami berupaya melakukan upaya penanganan dengan kordinasi ke pihak Retana Desa Bunijaya serta RT/RW setempat, bahkan masarakat berupaya membersihkan lumpur yang masuk ke pemukiman warga,” ujarnya

Hal senada, tim assesment BPBD kabupaten Cianjur, langsung melakukan pendataan di lokasi kejadian, serta langsung memberikan himbawan pada masarakat, agar selalu waspada dan siap siaga dalam menghadapi bencana, di khawatirkan terjadi longsor susulan,” pesan Retana Pagelaran.

Kronologi kejadian senin 19 juni 2023 sekitar pukul 13 00 WIB hingga 19 00 Wib, pasalnya di wilayah Desa Bunijaya di guyur hujan deras yang begitu lama, sehingga terjadilah longsor sekitar pukul 16 00 WIB, di kampung Citajur Rt 01/04 dan kampung Cibadak rt 02/04 Desa Bunijaya.

Iwan pun menambahkan, akibat kejadian tersebut 5 rumah ambruk dan 1 musholah mengalami kerusakan, longsor terbagi tiga titik, longsor pertama hingga menutupi badan jalan penghubung, jalan ini merupakan aset utama bagi masarakat Desa Bunijaya, Panggedangan dan Situhiang.

“Nah, jadi selasa 20 juni 2023 pukul 00 43 WIB, masyarakat sudah di evakuasi ke tempat yang lebih aman, ke rumah saudaranya dan tetangga,” pungkas Iwan.