Buntut Kasus Narkoba di Panwascam Cibadak, Bawaslu Kabupaten Sukabumi Melakukan PAW

FOKUS SUKABUMI Politik Sosial

Pewarta: Rusdi

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Bawaslu ( Badan Pengawas Pemilu ) Kabupaten Sukabumi melaksanakan Penggantian Antar Waktu (PAW) sekaligus melantik Anggota Panwaslu Kecamatan yang baru.

Hari ini Rhapael Supratman, resmi dilantik sebagai Anggota Panwaslu Kecamatan Cibadak menggantikan ZND yang sebelumnya sempat diamankan Polisi dengan hasil test urine positif menggunakan Amphetamine.

Pelantikan Rhapael Supratman dilaksanakan di Aula Kecamatan Cibadak, oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Teguh Hariyanto, Kamis (15/06/23).

“Hari ini Bawaslu Kabupaten Sukabumi telah melaksanakan PAW yaitu saudara Rhapael Supratman, PAW atas kejadian yang kemarin (kasus narkoba) yang menimpa Panwaslu Cibadak. Memang itu menjadi bahan perhatian kita, kita harus menjaga etik, ke depan kita bisa menunjukan sehingga masyarakat bisa percaya kepada kami, terkait kesiapan kita melaksanakan pengawasan di tahun 2024,” kata Teguh, Kamis (15/06/23).

Rhapael Supratman menggantikan ZND yang sebelumnya merupakan Ketua Panwascam Kecamatan Cibadak, namun demikian Panwascam Kecamatan Cibadak harus melaksanakan Pleno kembali untuk bisa menentukan jabatan Ketua. “Nanti mereka bertiga kembali melakukan Pleno untuk menentukan Ketua,” ujar Teguh.

Tidak hanya Ketua Panwaslu Cibadak, turut diamankan Kepala Kesekretariatan (Bendahara) pada Panwaslu Cibadak dengan kasus serupa, Narkoba.

Hal serupa juga menimpa Bendahara Panwaslu Cibadak, Dia di PAW dan saat ini Kecamatan Cibadak telah merekomendasikan satu nama sebagai penggantinya. “Untuk rekomendasi nama dari pihak kecamatan sudah sampai ke Bawaslu,” ujarnya.

Meski telah menerima rekomendasi pengganti, dan dalam waktu dekat dipastikan akan dilakukan penggantian Bendahara baru, namun kata Teguh untuk mekanisme PAW Bendahara selanjutnya akan dikembalikan kewenangannya kepada Kesekretariatan. “Untuk itu ranahnya kesekretariatan, maka Bawaslu kembalikan ke kesekretariatan untuk proses penggantian.” jelasnya.

Sementara itu, Rhapael Supratman menyatakan kesiapannya dalam mengemban tugas menjadi pengawas Pesta Demokrasi Pemilu 2024. “Mudah-mudahan dengan bergabungnya saya dengan teman teman Komisioner Panwaslu Cibadak, semoga kita bisa meng-clear-kan kembali marwah Panwaslu Cibadak,” ujarnya.

Kedepannya Panwaslu Cibadak harus bekerja lebih keras lagi, kita harus tunjukkan bahwa Panwaslu Cibadak berintegritas dalam pengawasan Pemilu.
“Dipastikan dalam waktu dekat kami akan melaksanakan Pleno untuk menentukan Ketua,” tandasnya.