Hana di Paturay Tineung Siswa Kelas 6 di SD Mangkubumi : Adab Itu Lebih Utama Daripada Ilmu

Fokus Kota Tasik Pendidikan Sosial

Pewarta : H Amir

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Puluhan Siswa Kelas 6 pada SD Negeri Mangkubumi yang beralamat di Jalan AH Nasution Kelurahan Mangkubumi Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya mengikuti kegiatan Paturay Tineung, Kamis (16/06/23).

Kepala SD Negeri Mangkubumi Yani Yuliani,S.Pd.,M.Pd mengucapkan selamat kepada para siswa-siswi Kelas 6 yang telah lulus. Untuk jumlah lulusan siswa-siswi kelas 6 di SD Negeri Mangkubumi tahun ajaran 2022-2023 ada sebanyak 90 orang.

Kegiatan Paturay Tineung ini mengambil tema ” Terbanglah Tinggi Namun Tetap Religi”, jadi harapan kami kepada para siswa yang telah lulus ini agar dapat menjaga nama baik SDN Mangkubumi, dapat membanggakan orang tua dan dapat membanggakan pula para guru. Jangan putus hanya sampai SD, lanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi baik itu SMO, Pesantren ataupun MTs.

Dalam hubungan emosional yang terjalin saat mengenyam pendidikan selama 6 tahun antara guru dan siswa syukur Alhamdulillah terlihat semakin dekat seperti sahabat saja.

“Untuk pola cara membangun kedekatan tersebut, untuk di SDN Mangkubumi ini setiap Guru mempunyai strateginya masing-masing, dilihat juga dari karakter anaknya yang berbeda-beda,” katanya.

Sementara itu Guru Kelas 6, Hana Nurhasanah menuturkan untuk pesan yang disampaikan kepada para lulusan ini lebih kepada karakter, karena adab itu lebih utama dari pada ilmu.

Orang beradab pasti berilmu, tapi orang berilmu belum tentu beradab, jadi karakter harus benar-benar diperbaiki lagi, terlebih setelah kita dua tahun pandemi Covid-19 itu benar-benar kita kayak dari nol lagi untuk pembentukan karakter peserta didik.

“Siswa didik kami sebanyak 80 persen itu melanjutkan ke SMP Negeri, sisanya yang 20 persen melanjutkan ke Pesantren sambil sekolah sejenis Boarding School,” jelasnya.

Tampak kegiatan ini dipantau oleh Bhabinkamtibmas Kelurahan Mangkubumi, Bripka Eddy Kurniawan.