Jimat – Akur Laksanakan Roadshow Refleksi 5 Tahun di Kecamatan Jalancagak

Fokus Subang Pemerintahan

Pewarta: Keykey

KAB. SUBANG. FOKUSPRIANGAN.ID – Bupati Subang H. Ruhimat, bersama Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, melaksanakan Roadshow Refleksi 5 Tahun Kepemimpinan Jimat-Akur, dilaksanakan di Alun-alun Kecamatan Jalancagak. Selasa, (13/06/23).

Camat Jalancagak Aris Ristian ST., M.Si. dalam sambutannya mengapresiasi pembangunan yang telah dilakukan oleh kepemimpinan Jimat-akur yang senantiasa mengedepankan kebersamaan demi Subang yang lebih baik “Kami bercermin dari kepemimpinan jimat-akur serta didukung oleh para kepala desa yang menjaga sinergitas dalam membangun jalancagak,” tegasnya.

Disampaikan harapan secara langsung oleh Ketua sekaligus pendiri FKGN Kab. Subang Hj Imas Aisyah menghaturkan terimakasih Jimat Akur yang telah memperhatikan seluruh ormas Islam terkhusus seluruh guru ngaji di kab. Subang.

Selanjutnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si dalam Laporan Kinerja Pemerintah Kabupaten Subang menyatakan bahwa Refleksi Jimat – Akur ini merupakan alat evaluasi dan penyampaian kinerja kepada masyarakat.

“Yang dilakukan Jimat-Akur diibaratkan sebagai pembangunan sebuah rumah yang layak untuk 1,5 juta warga Kabupaten Subang, rumah ini diharapkan bersih, maju, sejahtera dan berkarakter.

Selanjutnya, Sekda Subang pun menyatakan bahwa tema yang diambil pada Refleksi ke 5 tahun kepemimpinan Jimat-Akur ini merupakan komitmen dalam keberlanjutan pembangunan. “Mari bersama-sama menguatkan tekad, mengerahkan seluruh kemampuan untuk memastikan keberlanjutan pembangunan terhadap apa yang sudah dirintis oleh kang Jimat dan Kang Akur di periode tahun 2019-2023.

Agenda dilanjutkan dengan menyaksikan video Testimoni dari masyarakat Kabupaten Subang terkait Kepemimpinan Jimat Akur baik Kebijakan maupun pencapaian-pencapaian yang diraih dilanjutkan dengan menyaksikan video Subang di masa Depan.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Subang Kang Akur menyampaikan bahwa tujuan diadakannya Roadshow Refleksi Jimat-Akur ke 5 tahun adalah terjalinnya pertemuan dua arah dalam balutan silaturahmi, agar masyarakat mengetahui capaian serta evaluasi kepemimpinan Jimat-akur

Kang Akur sapaan akrab wakil Bupati Subang menyampaikan bahwa diawal kepemimpinan Jimat-Akur mereka memetakan konsepsi reformasi birokrasi dengan tujuan meningkatnya kinerja aparatur sipil negara yang lebih baik.

Kang Akur juga menyampaikan diawal tahun kepemimpinan jimat-akur dihadapkan dengan tantangan pandemi covid yang membuat Subang harus mengubah haluan pembangunan dengan fokus menyikapi pandemi dan kesehatan masyarakat subang.

Kang Akur menjelaskan tujuan utama dari refleksi, disamping silaturahmi juga bentuk upaya menyampaikan segala progres dan capaian yang telah dilakukan sehingga wujud proporsional itu dapat dilakukan “Berat sama dipikul ringan sama dijinjing,” tandasnya.

Kang Akur menyampaikan Sebelum Jimat-Akur dilantik konsepsi besar sudah terbesit dalam benak yakni Subang jawara “kami punya mimpi besar yakni mewujudkan pembangunan yang jaya, istimewa pelayanannya, dan sejahtera masyarakatnya,” ungkapnya.

Di tahun pertama kepemimpinan Jimat-Akur hingga tahun kelima, mampu meraih predikat WTP atas laporan keuangan daerah “Diganjar dengan predikat WTP dan Alhamdulillah kami pertahankan WTP selama 5 tahun,” ucapnya.

Kang Akur juga menjelaskan bahwa konsep Rotasi mutasi dengan basis zero rupiah, sehingga tidak ada tindakan Korupsi Kolusi dan nepotisme “Awas kena Prank, rotasi mutasi zero rupiah, dari zero rupiah harus berbanding dengan kinerja yang lebih baik,” tegasnya.

Di tahun selanjutnya Kang Akur menyampaikan kembali perihal tempat pembuangan akhir (TPA) Panembong yang perlu direvitalisasi karena sering terjadi longsor “Sudah tidak layak menjadi TPA, kami langsung bergerak memperbaiki dan memindahkannya ke jalupang,” tuturnya

Kang Akur juga menjelaskan pada Tahun 2020 pembangunan Subang harus lebih lebih signifikan dengan loncatan konsep kang jimat yang besar dan out of the box “membuka jalan serang panjang-Cipeundeuy,” ungkapnya.

Kang Akur juga melaporkan bahwa pemerintah daerah kab Subang memberikan layanan Penangan kesehatan saat pandemi covid, dengan term Satu nyawa manusia lebih berharga dari pada harus membangun Kab. Subang dan juga mendapatkan Raihan kabupaten terbaik dalam upaya vaksinasi.

Kang Jimat juga menuturkan industrialisasi yang hadir di Kabupaten Subang membawa dampak positif dan negatif, maka dirinya memperjuangkan pembangunan infrastruktur agar akses jalan sudah siap menunjang kehadiran kawasan industri, serta mengurai kemacetan di Kabupaten Subang “Inilah bukti keseriusan membangun Subang ditangan kepemimpinan kang jimat,” ungkapnya

Kang Akur juga menjelaskan bahwa kesiapan pembangunan yang lebih baik yakni diawali dengan penguatan SDM, dengan adanya pengangkatan PPPK tenaga kesehatan dan Guru.

Kang akur menjelaskan Dalam upaya membangun desa, Menjadi desa maju maka segala bentuk pendukung mobilitas layanan harus terpenuhi dengan baik, maka pemerintah daerah memberikan Mobil operasional untuk target pajak desa yang tepat.

Kang akur juga menambahkan Banyak penghargaan yang diraih baik dari provinsi dan nasional dalam mengarungi pembangunan daerah kab. Subang.

Dilanjutkan penyampaian sambutan Bupati Subang kang jimat yang menyampaikan bahwa Subang jawara tidak akan terwujud hanya mengucapkan salam jawara “hayu urang wujudkeun dilingkungan masing masing nu ngaranna gotong royong,” tegasnya.

Kang Jimat sapaan akrab Bupati Subang juga menyampaikan maksud dari dilaksanakannya refleksi 5 tahun di setiap kecamatan seluruh kab. Subang, agar terbangunnya silaturahim dengan menghadirkan kebermanfaatan untuk lingkungan “Paling tidak pedagang jadi haneuteun,”ucap kang jimat.

Kang jimat menekankan agar semua masyarakat menjadi maklum atas capaian pembangunan selama ini, walaupun belum terasa maksimal “Sangat ingin membahagiakan masyarakat, wayahna Nyuhunkeun dihapunten, masih terlalu banyak kekurangan,” ungkap kang Akur.

Kang Jimat berpesan kepada ASN di lingkup kecamatan Jalancagak untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Jalancagak “ASN jalancagak harus memberikan pelayan terbaik untuk masyarakat Jalancagak” ungkapnya

Kang Jimat menjelaskan dalam rangka menjemput kesiapan menjadi kota industri, maka semua infrastruktur yang dibutuhkan harus dibangun dari sekarang baik dari SDM ataupun pembangunan infrastruktur fisiknya “Tiada lain saya inginkan kedepan untuk betul betul hari esok Subang tidak bermasalah dengan kebutuhan jalan Esok kita akan menjadi kota industri,” pungkasnya.

Dilanjutkan pengundian hadiah utama sepeda dan TV LED oleh Kang Jimat dan Kang Akur dan penyampaian tausiyah oleh Ustdz Liza Azizah

Kemudian dilanjutkan Penyerahan bantuan yang bertempat di kantor Desa Tambakan oleh Wakil Bupati Subang yang didampingi oleh Sekretaris Daerah, Asda I, Plt Asda II, Kadinsos, Camat Jalancagak dan para pendamping PKH se-Jalancagak.

Turut hadir Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Subang, Ketua DWP Kabupaten Subang, Para Asda, Para Kepala OPD, Para Kabag, Perangkat Kecamatan Jalancagak, Perangkat Desa se-Kecamatan jalancagak, serta para tokoh masyarakat kecamatan Jalancagak.

#Humas/Kominfo Subang