Dinas PUTRPPLH Laksanakan Sosialisasi Kegiatan Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni

Fokus Kab Tasik Pemerintahan Sosial

Pewarta: Wawan/Iwan

KAB.TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Dinas pekerjaan umum tata ruang perumahan rakyat dan kawasan permukiman dan lingkungan hidup ( DPUTRPPLH ) laksanakan sosialisasi kegiatan perbaikan rumah tidak layak huni untuk pencegahan terhadap tumbuh dan berkembangnya permukiman kumuh diluar kawasan permukiman kumuh dengan luas 10 Ha.

Dikatakan Adi sebagai tekhnis sekaligus fungsional dari dinas menjelaskan bahwasanya kegiatan hari ini adalah sosialisasi perbaikan RTLH yang bersumber anggaran dari DAU tahun 2023. Untuk jumlah penerima manfaat diambil dari per kecamatan 1 rumah dan secara global ada 39 unit rumah yang mendapatkan bantuan RTLH, Ini lanjutan dari halun tahun kemaren yang anggarannya di bidang PKP melalui dinas PUPR,” ucapnya kamis (08/06/2023).

Bantuan RTLH tersebut dengan besar anggaran 18,5 juta rupiah per unit dan kita rencanakan seperti tahun kemarin 16 juta untuk material dan 2,5 jt untuk HOK.

Dalam tekhnis pekerjaan kita bekerjasama dengan pihak kecamatan selaku leding sektor tingkat kecamatan dan selanjutnya kita minta bantuan kecamatan dalam menentukan satu orang masyarakat penerima bantuan yang kita arahkan kepada lansia diatas 60 tahun,” paparnya.

Hari ini kita baru melalukan sosialisasi dan akan mulai menerjunkan pendamping survei kelapangan serta bulan juni ini sudah menyiapkan proposal pengajuan, Lalu kita targetkan bulan agustus pelaksanaan bentuk fisiknya sampai bulan november.

Berharap kegiatan ini berjalan lancar sesuai dengan waktunya serta kita juga menggunakan beberapa pedoman pedoman yang kita bisa gunakan dalam hal pelaksanaan seperti BSPS ataupun rutilahu. Dan mudah mudahan kegiatan ini dapat membantu para lansia
untuk memiliki rumah yang layak huni sekaligus menjadi inspirasi beberapa pihak ditingkat kecamatan dan juga desa karena kita juga membutuhkan swadaya,” pungkasnya.