Sejumlah Warga Desa Kubang Pertanyakan Anggaran Bumdes

Fokus Cianjur Sosial

Pewarta: Rafli Hidayat

CIANJUR. FOKUSPRIANGAN.ID – Warga Desa Kubang pertanyakan terkait hal tentang anggaran, pasalnya segala bentuk kegiatan Desa, dari mulai program ketahanan pangan dan BUMDes diduga tidak adanya ke terbukaan terhadap warga.

Permasalahanya ini mencuat, karena akibat diduga tidak ada keterbukaan antara Pemdes Kubang dengan masyarakat, terkait tentang anggararan dana BUMDes di desa tersebut.

Bahkan salah satu tokoh masyarakat yang terkemuka Warkani, meminta keterbukaan terkait anggaran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Kubang, namun hingga saat ini belum juga ada kejelasan, bahkan warga sudah memberikan waktu hingga dua bulan unyuk penjelasan,” ucapnya.

Dalam waktu dua bulan sambil menunggu hasil panen pertanian (sawah) di kampung Cihonje Desa kubang, setelah panen sampai sekarang belum juga ada kejelasan,” tambahnya.

Sisi lain, Sekdes Desa Kubang menerangkan, bahwa anggaran dana untuk BUMDes di salurkan ke pertanian (sawah), itupun sudah ada hasilnya sebesar Rp 10 juta, bahkan saya sudah di panggil oleh Irda kabupaten Cianjur, dan sudah menggembalikan uang sekitar Rp 70 juta,” ucapnya.

Dalam hal ini Inspektorat Kabupaten Cianjur dan Irda kabupaten Cianjur telah memeriksa perihal ini di Desa Kubang, bahkan akan ada pergantian kepengurusan BUMDes, karena sudah banyak yang mengundurkan diri,” ungkapnya.