Seni Budaya dan Lomba Tradisional Dalam Rangka Hari Lahir Pancasila

Fokus Kota Tasik Sosial

Pewarta : H Amir

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Yayasan Baramata bertempat di lapangan Gunung Kialir Lanud Wiriadinata menggelar festival seni dan budaya, dimana kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Minggu (04/06/23)

Kegiatan ini tampak dihadiri oleh Komandan Pangkalan Udara Wiriadinata Letkol Pnb Adi P. Buana,S.H., M.I. Pol, Anggota Komisi 2 DPRD Kota Tasikmalaya H Giman, Ada 2, Kepala Badan Kesbangpol Kota Tasikmalaya, Drs Ade Hendar, MM serta tamu undangan lainnya.

Acara dibuka oleh Danlanud Wiriadinata dengan ditandai memanah oleh Danlanud Wiriadinata, yang sebelumnya diberi cenderamata berupa panah dan busur dari ketua Baramata Asep Ugar kepada Danlanud Wiriadinata.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Tasikmalaya, Drs Ade Hendar, MM membacakan sambutan tertulis Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Dr Cheka Virgowansyah,S STP., ME yang isinya atas nama pribadi dan pemerintah Kota Tasikmalaya kami ucapkan apresiasi dan terimakasih kepada Yayasan BARAMATA atas pelaksanaan kegiatan Festival Seni dan Budaya dalam rangka Hari Lahimya Pancasila tahun 2023.

Kegiatan ini membuktikan bahwa barisan para mantan narapidana dan tahanan dapat terus berkarya dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial dan kebudayaan sehingga menumbuhkan kembali kepercayaan masyarakat.

Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, dalam berbangsa, dan dalam bernegara.

Tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

Peringatan hari lahir pancasila ini dapat kita jadikan momentum untuk menguatkan komitmen kita bersama dalam menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Saya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat Kota Tasikmalaya untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju yang kita cita-citakan.

Melaui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi kita semua untuk menjalin tali silahturahmi dan dapat menjadi spirit untuk semakin giat berbenah, semakin bersemangat untuk menjaga dan mempertahankan Kearifan Lokal yang kita miliki.

“Marilah kita terus perteguh kebhinnekaan dan perkuat Restorasi Sosial sebagai pilar untuk mewujudkan masyarakat Kota Tasikmalaya yang rukun, damai, bermoral dan berbudaya,serta mampu menjaga perbedaan dalam bangsa yang majemuk demi mewujudkan Kota Tasikmalaya yang Beriman, Cerdas dan Sejahtera, “katanya

Sementara, Panitia Pelaksana Abah Arif menjelaskan kegiatan festival seni dan budaya ini digelar dalam rangka memperingari Hari Lahir Pancasila dengan tema ” Bangga Jadi Urang Tasik Guyub Sauyunan Rancage Gawe Ngacangin Kota Tasik”

Kita prihatin dengan seni budaya yang kita alami sekarang degradasi budaya yang sangat memprihatinkan.

Kita mencoba lagi dan menginisiasi untuk membangkitkan kembali seni budaya, yang akhirnya kita bekerjasama dengan Danlanud Wiriadinata, memang awalnya kita menyelenggarakan festival seni budaya, tapi akhirnya berkembang yang akhirnya ada lomba tradisional yang memang itu sudah tingkatnya nasional dan ada beberapa cbor yang juga, sudah tingkat Internasional.

“Kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi para padepokan sanggar seni dan juga, sebagai sosialisasi lomba tradisional, “jelasnya.