Sekda Kabupaten Sukabumi Pimpin Sejumlah Unsur Pendidikan Deklarasikan Sekolah Ramah Anak

FOKUS SUKABUMI Sosial

Pewarta: Rusdi

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman pimpin sejumlah unsur pendidikan di Kabupaten Sukabumi mendeklarasikan sekolah ramah anak, di salah satu hotel di kawasan Salabintana, Kecamatan Sukabumi, Senin (29/5/23).

Sementara itu, sebagian unsur pendidikan lainnya mengikuti acara tersebut secara daring.

Pasca pelantikan yang dikombinasikan dengan bimbingan teknis sekolah ramah anak jenjang SMP ini, dilanjutkan penandatanganan komitmen bersama oleh seluruh hadirin.

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengatakan, momentum ini harus memberikan energi positif, terutama dalam meningkatkan penjaminan terhadap pemenuhan hak anak. “Anak-anak saat ini, merupakan penerus bangsa di masa depan. Maka dari itu, lingkungan yang bersih, asri, ramah, indah, inklusif, sehat, aman, dan nyaman harus terjamin untuk anak,” kata Sekda.

Ade meminta semua bergerak pasca deklarasi ini. Sehingga, kegiatan ini bukan sekadar seremonial belaka.
“Apa yang kita deklarasikan, harus benar-benar diwujudkan,” ucapnya.

Menurutnya, salah satu ciri sekolah ramah anak ialah, adanya perlakuan adil bagi semua murid, semua tenaga pendidik menghormati hak anak dan melindunginya, proses dan suasana pembelajaran harus dibuat sebaik mungkin agar anak nyaman, aman, lebih aktif, kreatif, hingga percaya diri. “Media pembelajaran pun harus lengkap. Termasuk guru dan murid harus terlibat dalam aktivitas pembelajaran agar anak bisa mengembangkan kompetensinya,” ujarnya.

Maka dari itu, sekda meminta kegiatan ini benar-benar dilaksanakan demi terwujudnya Indonesia yang lebih baik.
“Saya minta laksanakan kegiatan ini supaya masa depan Bangsa Indonesia lebih baik,” tandas Ade Suryaman.