Laksanakan Program Salira DPWKel, Pokmas Citangkil Prioritaskan 19 Titik Pembangunan

Fokus Cilegon Sosial

Pewarta: AAN.SGT

CILEGON,FOKUSPRIANGAN.ID – Kelompok Masyarakat (Pokmas) Kelurahan Citangkil laksanakan program Sarana Prasarana Lingkungan Warga (Salira) Dana Pembangunan Wilayah Kelurahan (DPWKel) 2023 pada 19 titik yang menjadi prioritas pembangunan lingkungan. Senin (29/5/2023).

Ketua Pokmas Kelurahan Citangkil Syafrudin mengatakan, pada termin pertama pelaksanaan program Salira DPWKel 2023 tersebut, terdapat 3 item pekerjaan yakni pembangunan tanggul penahan tanah (TPT) dan drainase, pendirian pos ronda, serta paving blok jalan di lingkungan.

“Kegiatan di termin pertama ini kita lebih fokus ke pembangunan paving blok. Sebenarnya ada tiga item pekerjaan pembangungan di termin pertama ini yaitu TPT dan drainase, pos ronda, serta paving blok,” kata Syafrudin saat meninjau lokasi pembangunan program Salira DPWKel di Lingkungan Ramanuju Tegal, Kelurahan Citangkil, Kecamatan Citangkil Kota Cilegon.

Syafrudin menuturkan, ada 19 titik pembangunan yang dilaksanakan pada program Salira DPWKel yang dikelola secara swadaya oleh Pokmas Citangkil, yang semuanya merupakan usulan dan permintaan langsung dari masyarakat.

“Ada 19 titik yang kita laksanakan pada termin pertama ini, semuanya tersebar di 9 RW yang ada di Kelurahan Citangkil,” ujarnya.

Syafrudin juga mengungkapkan, pada termin selanjutnya, program Salira DPWKel di Kelurahan Citangkil akan ada program bedah rumah warga yang tidak mampu dan juga penerangan jalan umum (PJU) untuk lingkungan.

“Termin kedua dan ketiga nanti, selain TPT dan paving blok juga rencananya ada bedah rumah dan renovasi musholla dan PJU (Penerangan Jalan Umum) di lingkungan RW 11, semoga semua dapat berjalan dan terlaksana dengan baik,” tuturnya.

Terpisah, Lurah Citangkil, Faisal Tanjung mengatakan, pihaknya berterima kasih atas kerjasama yang telah terjalin antara Pokmas dengan pemerintah dalam membangun wilayah lingkungan.

“Mudah-mudahan terus berkelanjutan dan nilai manfaatnya bisa dirasakan masyarakat dan dapat bertambah untuk pemerataan pembangunan di lingkungan,” ujarnya.

Selain melalui program Salira DPWKel, Faisal Tanjung juga berharap stakeholder terkait lainnya dapat berpartisipasi dalam mempercepat pembangunan di wilayah lingkungan di Kelurahan Citangkil.

“Semoga selain dari program ini, ke depan ada juga program CSR dari industri yang dapat membantu pemerataan pembangunan di lingkungan masyarakat,” pungkasnya.