Hewan Ternak Jenis Kerbau di Muratara Diserang Wabah Penyakit Ngorok

Nasional Pemerintahan Sosial

Teks Photo: Mafriandi Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan

Pewarta: Hanafi

MURATARA. FOKUSPRIANGAN.ID – Dinas Pertanian Dan Perikanan (Pertanikan) Kabupaten Musi Rawas Utara dalam mengatasi wabah yang melanda hewan kaki empat (Kerbau) bergerak dengan cepat dalam hal penangannya, agar Wabah tersebut tidak menular lebih banyak lagi terhadap hewan ternak Rakyat.

Saat diwawancarai awak media di ruang kerjanya, Selasa, (23/05/2023). Kadis Pertanian dan Perikanan, Ade Meiri melalui Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan, Mafriandi. “Menyampaikan untuk sementara hasil pengecekan di lapangan wabah yang menyerang hewan kaki empat ini adalah Wabah SE (Penyakit Ngorok).

“Kita sudah turun kelapangan untuk mengambil sampel bangkai hewan/ternak yang sudah mati untuk kita uji di laboratorium yang ada Lampung, kemungkinan baru besok hasilnya uji Laboratorium sudah keluar,”ucapnya.

Untuk mencegah biar wabah tidak menular kepada Kerbau lainnya kita berikan vaksinasi masal dan pengobatan masal, Kepada kerbau yang masih sehat.

“Kalau untuk gejala awal masih bisa kita injeksi dengan memberikan vitamin dan antibiotik,”katanya.

Di Himbau, kepada masyarakat yang mempunyai ternak kerbau tolong di pisahkan kerbau yang masih sehat dengan yang sakit agar tidak menular,”tutup Kabid.