HUT Kodam III/Siliwangi “Botram” di Lapangan Darongdong

Fokus Jabar Sosial

Pewarta: Kusnadi (Pendam III/Siliwangi)

SUMEDANG. FOKUSPRIANGAN.ID – Sebagai rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan, pada HUT ke-77 Kodam III/Siliwangi, Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P., di dampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah III/Siliwangi Ny. Mia Kunto Arief Wibowo menggelar syukuran di Lapangan Darongdong, Kec. Buah Dua, Kab. Sumedang, Sabtu (20/05/2023).

Kehadiran Pangdam III/Slw beserta rombongan disambut oleh Bupati Sumedang H. Doni Ahmad Munir, ST. MM., Forkopimda, para pelajar serta masyarakat Desa Buah Dua. Tampak suasana keakraban dan keceriaan dengan masyarakat dan pelajar saat Pangdam bertegur sapa sambil berjalan menuju ke lapangan Darongdong. Masyarakat sangat antusias menyambut kehadiran pemimpin “Sekeseler” di lokasi yang penuh sejarah tersebut.

Pada kesempatan itu, disuguhkan drama kolosal perjuangan legenda Sumedang, kelompok angklung dari anggota Kodam serta kegiatan kolaboratif donor darah dan bakti sosial.

Mayor Abdurahman “Sang Legenda” gugur saat pertempuran heroik antara Pasukan Pengawal Panglima Siliwangi dengan Pasukan Baret Hijau Belanda. Heroisme Mayor Abdurahman begitu dikenang masyarakat Sumedang dan di abadikan menjadi nama jalan di kota Sumedang.

Rangkaian syukuran HUT di lanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Pangdam bersama Ketua Persit yang diserahkan kepada prajurit berprestasi Kodam III/Slw pada lomba dayung dan karate di ajang Sea Games Kamboja 2023, orienteering Malaysia Championship serta menembak pada AARM.

Seakan tidak ada batas dan sekat antara seorang pemimpin, masyarakat dan prajurit, Pangdam secara bersama-sama melaksanakan “Botram” dibawah tenda dengan seluruh yang hadir dengan menu yang sama di lapangan Darongdong tersebut.

Untuk memeriahkan rangkaian syukuran HUT ke 77 Kodam III/Slw tersebut, dirangkaikan dengan pengobatan massal, donor darah, baksos serta pameran UMKM masyarakat Kec. Buah Batu.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, S.T., M.M. pada sambutannya mengucapkan terimakasih serta merupakan kebanggaan dan motivasi bagi Pemda Sumedang untuk terus meningkatkan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Terima kasih atas kepercayaan bapak Pangdam kepada masyarakat Desa Buah Dua, tepatnya di lapangan Darongdong untuk merayakan acara syukuran dalam rangka HUT ke – 77 Kodam III/Slw,” ucap Bupati.

Pada kesempatan itu Pangdam III/Slw berpesan agar terus menjaga komunikasi serta membangun setiap potensi yang ada di masyarakat demi ketahanan nasional.

“Saya berpesan kepada prajurit, harus profesional pada bidang masing – masing serta harus berinovasi bersama dengan masyarakat dan komponen yang lain untuk bisa mengelola sumber daya nasional sebagai potensi – potensi kekuatan nasional seperti ketahanan ekonomi, politik dan sosial budaya dengan harapan mampu mengatasi masalah yang ada diwilayah tersebut,” jelas Mayjen TNI Kunto.

Harapan juga disampaikan terhadap seluruh generasi muda. Harus bisa menjawab setiap tantangan yang pada masanya, mungkin pada masa sebelumnya masalah perjuangan dan revolusi. Sekarang kita mengisi kemerdekaan serta menjembatani setiap perubahan – perubahan generasi. Tentunya ada hal – hal yang baru serta ada interaksi antar generasi dalam kaderisasi.

Turut hadir Kasdam, Irdam, Kapoksahli, Danrem 062/TN, Danrindam, Asrendam, para Asisten Kasdam, para Dan/Kabalakdam, para Dandim, Danyon, Dandenintel, Dankikav dan Pengurus Persit KCK PD III/Slw.