Koperasi LPM Sukma Kelurahan Sukamaju Kaler Gelar Rapat Anggota Tahunan

Ekonomi dan Bisnis Fokus Kota Tasik Sosial

Pewarta: H Amir

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Bertempat di Aula Kelurahan Sukamaju Kaler Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya telah dilaksanakan kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang diselenggarakan oleh Koperasi LPM Sukma, Jum’at (19/05/23).

Kegiatan ini tampak dihadiri oleh Perwakilan dari Dinas Koperasi, UMKM Perindag Kota Tasikmalaya Susi Susilawati, Camat Indihiang Nanang Iskandar, S. Sos, Lurah Sukamaju Kaler, Ketua LPM Kelurahan Sukamaju Kaler yang juga Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) Dapil II Dari Partai Golkar Doni Nugraha, Babinsa bersama Bhabinkamtibmas Kelurahan Sukamaju Kaler serta anggota Koperaai LPM Sukma.

Ketua Koperasi LPM Sukma Nawan Sofyanudin, SE mengatakan jumlah anggota di Koperasi LPM Sukma sampai saat ini berjumlah 97 orang anggota.

Syukur Alhamdulillah Koperasi LPM Sukma sampai hari ini bisa melayani kebutuhan-kebutuhan anggota dan sampai hari ini pun masih ada pengurus dan anggotanya.

Koperasi LPM Sukma berdiri pada tahun 2014 yang waktu itu berkenaan dengan meneruskan program dari P2KK ydng sampai tahun 2017 kami mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kota Tasikmalaya.

Semua anggaran yang diserap dari dari bantuan adalah jumlahnya sebesar Rp 282.450.000,-yang diperuntukan untuk anggota masyarakat yang ada di Kelurahan Sukamaju Kaler, alhamdulillah sampai hari ini kami bisa menjalankan kegiatan koperasi dengan bertahan dari semua hal-hal yang mungkin bisa mengtidak aktifkan koperasi. Setiap tahun kami pun melaksanakan kegiatan Rapat Anggota Tahunan.

Perkembangan dari Koperasi yang bermula dari kegiatan program P2KK, sampai hari ini, kami mempunyai modal sebesar Rp 338.449.123,-. Jadi yang dari Rp 282.450.000,- kami terus di golang terus kami berusaha jalankan. Sehingga kini mendapat modal Rp 338.448.123,-

Untuk tabungan znggota yang tidak mengikat jumlahnya Rp 320.000,-, Simpanan pokok jumlahnya Rp 9.800.000,-, Simpanan wajib jumlahnya Rp 37.099.700, cadangan resiko Rp 3.332.627,- dan donasi sebesar Rp 282.450.000,-. Tahun ini kami kebagian SHU nya Rp 6.446.800,- melihat dari perkembangan tahun kemarin ada sedikit peningkatan.

“Koperasi Sukma ini bentuknya bukan simpan pinjam, tapi Koperasi Serba Usaha. Jadi kami bisa membuat usaha-usaha yang lain. Kemarin kami bekerjasama dengan perusahaan minyak goreng, lalu minyak goreng tersebut kami jual je anggota, tujuannya adalah anggota itu ada keterikatan, “jelasnya.