Kadisnaker Kota Sukabumi Tanggapai Keluhan Masyarakat: Hati – Hati Sindikat Penyalur Tenaga Kerja ke Luar Negeri Gunakan Modus Liburan

FOKUS SUKABUMI Pemerintahan Sosial

Teks Photo : Kepala Disnker Kota Sukabumi Abdul Rachman

Reporter : Eka Lesmana

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Sukabumi, Abdul Rachman, mengatakan, banyak cara yang dilakukan oleh oknum penyalur tenaga kerja ilegal, untuk menggaet mangsanya salah satu modusnya mengajak liburan ke luar negeri.

Saat menanggapi pengaduan masyarakat yang salah seorang anggota keluarganya diduga telah menjadi korban perdagangan orang (Trafficking), Abdul Rachman mengatakan.

“Hati-hati ada sindikat yang mengiming-imingi warga Sukabumi untuk bekerja secara ilegal di luar negeri dengan pura-pura berlibur. Semoga kasus ini cepat ada solusinya,” kata Abdul Rachman Selasa ( 15/05/23).

Masih menurut dia, pihaknya telah mengambil langkah-langkah untuk menertibkan modus pengiriman tenaga kerja WNI yang akan bekerja di luar neger secara ilegal.

“Atas mencuatnya kasus ini, kami membuat surat mengenai kronologis keberangkatan. Surat pemberitahuan itu telah dikirimkan ke Kemenakertrans Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), dan Kemenlu,” ujarnya

Dia menambahkan, pihaknya juga terus berkoordinasi dan meminta data Sherlock lokasi untuk disampaikan ke KBRI melalui BP2MI guna segera melakukan investigasi.

“Kami berharap pihak KBRI segera mengambil langkah dan tindakkan untuk segera memulangkan WNI, terutama warga Sukabumi, yang bekerja secara ilegal di luar negeri,” tegasnya.

Disnaker Kota Sukabumi saat ini belum dapat memastikan tindakan apa yang akan diambil oleh KBRI dan BP2MI. Di titik ini kata dia, pihaknya juga akan terus memperjuangkan agar laporan yang disampaikan dapat ditindaklanjuti dengan segera.

“Kejadian ini menjadi pelajaran berharga bagi kita semua untuk lebih berhati-hati dan mematuhi prosedur yang telah ditentukan oleh pemerintah terkait keberangkatan WNI yang akan bekerja di luar negeri,” terangnya.