Antisipasi Ancaman Pilkades Rawan Polres Garut Siapkan 2000 Pasukan Termasuk Sniper

Fokus Jabar Sosial

Pewarta: Herlan

KAB. GARUT. FOKUSPRIANGAN.ID Sebanyak 2000 pasukan lebih disiapkan guna mengamankan ancaman pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Garut. Diketahui, Senin (15/5/23) sebanyak 82 desa se – Kabupaten Garut akan melaksanakan pilkades.

Oleh karena itu, guna mengantisipasi terjadi bentrokan antar pendukung fanatik, Mapolres Garut menyiapkan berbagai personil gabungan untuk mencapai suasana aman dan tertib selama pelaksanaan pilkades berlangsung.

“Pada H -1 ini anggota kami sudah disebar ke berbagai desa yang melaksanakan pilkades. Bagi pendukung calon Kades tertentu jangan bersikap berlebihan yang dapat memicu bentrokan, akan kami tindak tegas,” Tegas Kapolres Garut AKBP Rio Anggoro usai pelaksanaan apel gabungan di Halaman Kantor Mapolres Garut, Minggu sore (14/5).

Kata Rio, pihaknya sudah melakukan pemetaan beberapa titik rawan bentrokan di beberapa desa. Dimana, pihaknya akan melakukan penebalan penempatan petugas untuk mengantisipasi terjadinya kericuhan.

Sebut Rio, personil gabungan yang sudah disiapkan dari berbagai unsur seperti Brimob, Sniper, TNI, Linmas dan Satpol PP. Pihaknya berharap agar masing – masing tim sukses dapat mengontrol diri apapun hasilnya nanti.

Sementara salah satu Pilkades di Desa Galihpakuwan, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut pihak panitia sudah menyiapkan logistik keperluan pelaksanaan Pemilihan. Seperti yang disampaikan oleh Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Galihpakuwan yakni Humaedi Munawar bahwa perlengkapan pilkades segera didistribusikan ke setiap TPS.

Diketahui, di desa ini pihak panitia kata Munawar, siap melayani sebanyak 4528 pemilih yang terbagi di 10 TPS. Ia menyampaikan, setiap TPS ditempatkan di masing – masing RW, dimana minimal dua atau tiga aparat akan ditempatkan.

“Di wilayah kami terdapat dua TPS yang terbilang rawan. Yakni TPS delapan dan sembilan, maka dari itu saya sangat bersyukur adanya bantuan pengamanan dari pihak kepolisian,” Ungkap Munawar.