Hingga Kamis Kemarin Baru Empat Partai Politik yang Mendaftarkan Bacalegnya ke KPU Kabupaten Sukabumi

FOKUS SUKABUMI Politik Sosial

Pewarta: Rusdi

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Komisi Pemiliham Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi membuka pendaftaran Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) dari Partai Politik (Parpol) untuk Pemilu 2024 mendatang. Mulai tanggal 1 Mei hinggal tanggal 14 Mei 2024 mendatang. Hingga hari Kamis malam (11/5/23) KPU baru menerima 4 Partai Politik (Parpol) yang mendaftarkan Bacalegnya.

Keempat parpol tersebut, Pertama PKS yang diikuti Partai Hanura pada Rabu (10/05/23). Kemudian hari ini ada dua Parpol lagi pertama PDI Perjuangan yang disusul dengan Partai NasDem.

Komisioner KPU Kabupaten Sukabumi, Budi Ardiansyah kepada wartawan menyampaikan bahwa benar sampai saat ini baru ada 4 parpol yang mendaftar ke KPUD Kabupaten Sukabumi. “Khusus untuk hari ini KPU menerima dua parpol PDI Perjuangan dan Partai Nasdem. Untuk PDI Perjuangan daftar pada Pukul 09:00 WIB sementara untuk Partai NasDem pukul 11:00 WIB lebih,” katanya , Kamis malam (11/5/23).
Budi mengungkapkan statusnya diterima, syarat pencalonan dan syarat calon lengkap.

Menurutnya, ada kemungkinan besok ( Jumat ) beberapa partai lain melakukan pendaftaran atau pengajuan bacalegnya. Berdasarkan informasi yang dirinya terima baru dua parpol yang akan mendaftarkan pada Jumat (12/05/23) hari ini, diantaranya Partai Golkar dan PAN.
“Yang pasti baru dua, partai PAN dan Golkar,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diterima, beredar informasi ada lima parpol yang akan melakukan pendaftaran besok, diantaranya Golkar yang akan melakukan pendaftaran pada pagi-pagi, PAN direncanakan akan melalukan pendaftaran siang setelah Sholat Jumatan. Adapaun parpol lain yang akan diisukan mendaftar lainnya adalah partai Demokrat, Gelora dan PKB. Namun, kebenarannya masih belum pasti.
“Setiap parpol hanya bisa mendaftarkan bakal caleg DPRD Kabupaten Sukabumi sebanyak 50 orang sesuai dengan jumlah kursi di DPRD Kabupaten Sukabumi,” kata Budi.