Meriah…Gelar Karya dan Inovasi Pendidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang

Fokus Jabar Pemerintahan Pendidikan Sosial

Pewarta: Kusnadi

SUMEDANG. FOKUSPRIANGAN.ID – Seolah tak pernah lelah berinovasi, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumedang terus berupaya menyuguhkan hal baru. Teranyar, institusi yang dinahkodai H. Agus Wahidin, S.Pd., M.Si ini mengadakan acara Gelar Karya Pendidikan dan Inovasi Kabupaten Sumedang, Selasa (09/05/2023).

Acara yang dibuka langsung Bupati Sumedang, H. Dr. Donny Ahmad Munir, ST., MM, dinilai sebagian besar para peserta gelar karya, termasuk masyarakat yang turut menyaksikan gelaran tersebut sangat meriah dan spektakuler.

Agus Wahidin, kadisdik Sumedang, mengatakan. Keluarga Besar Pendidikan, yaitu Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang berkolaborasi dengan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Jawa Barat, untuk menyelenggarakan gelar karya inovasi pendidikan. Kegiatan tersebut menurut Agus diikuti Keluarga Besar PAUD terdiri dari Kober dan TK, Keluarga SD, Keluarga SMP, Keluarga SMA, Keluarga SMK, Keluarga SLB, Keluarga PKBM, dan Keluarga SKB. “Jadi, ini namanya Keluarga Besar Pendidikan,”Ucap Agus.

Dalam kesempatan yang sama, Agus juga memaparkan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memberikan pengalaman nyata bahwa paradigma pendidikan telah berubah. Semula, pendidikan hanya berfokus di dalam kelas dan sekolah. Sementara, pada kurikulum Merdeka Belajar, pendidikan telah lebih berfokus pada individu siswa. Artinya, pendidikan yang bisa memberikan pengalaman-pengalaman baru dan berharga, serta positif bagi anak atau peserta didik, sehingga bakal terkenang sepanjang hayat.

“Jadi, nanti kita bisa buktikan. Bila anak-anak yang mengikuti gelaran ini ditanya sepuluh atau duapuluh tahun kedepan, pasti akan terkenang dan diingat terus. Nah, saat memori atau ingatan positifnya ini terus menempel, akan membantu anak atau para peserta didik ini tumbuh kembang secara optimal,” jelasnya.

Lebih lanjut, Agus menerangkan, gelaran ini juga sekaligus ingin mengajarkan terhadap para guru penggerak, para pengajar praktik dan sekolah penggerak agar menularkan prestasi dan ilmunya kepada guru-guru lain yang belum memiliki kesempatan yang sama sebagai guru penggerak, pengajar praktik, maupun sekolah penggerak.

“Jadi, intinya kegiatan ini bisa menjadi inspirasi dan memotivasi terhadap semua Keluarga Besar Pendidikan,” pungkasnya.

Sesuai dengan tagline, Gelar Karya Pendidikan dan Inovasi Kabupaten Sumedang diisi oleh beragam kreasi anak atau para peserta didik dari berbagai tingkatan sekolah. Ada yang menampilkan kreasi tari, menyanyi, bersajak dan lain sebagainya.

Intinya, setiap talenta atau kreasi yang dimiliki oleh masing-masing paserta didik benar-benar dupertontonkan pada gelaran tersebut. Hasilnya, tak urung membuat puas dan bangga Bupati dan segenap para petinggi praktisi pendidikan.