Moch Pipin Aripin: Wujudkan Desa yang Hegar, Inklusi, Akuntabel dan Partisipatif

Fokus Jabar Politik Sosial

Pewarta : Tim Jurnalis Garut

KAB.GARUT. FOKUSPRIANGAN.ID – Masa Kampaye Calon Kepala Desa Cibunar sudah dimulai dari tgl 5 – 9 Mei 2023, Sementara untuk Proses Pemilihan-nya akan di gelar pada tgl 15 Mei 2023.

Salahsatu Calon Kades Cibunar yang telah siap berkompetisi adalah Moch Pipin Aripin yang juga merupakan mantu dari Kades Cibunar Suparman.

Dihadapan warga masyarakat yang ada di Kp. Parakantelu Dusun Satu, Moch Pipin Aripin yang juga mantan Kades Sukalilah mengatakan Visinya maju sebagai Calon Kades Cibunar adalah untuk Mewujudkan Desa Cibunar yang Hegar, Inklusi, Akuntabel dan Partisipatif (HIAP) Maksudnya HIAP bersama Saya membangun Desa Cibunar yang lebih baik, maju, mandiri dan berprestasi. Ujarnya penuh semangat.

Selanjutnya di jelaskan Moch Pipin Aripin tentang penjabaran makna dari Visi CIBUNAR HIAP (HEGAR, INKLUSI, AKUNTABEL, PARTISIPATIF) adalah Terwujudnya suatu kondisi akhir Desa Cibunar yang Hegar, Inklusi Akuntabel, Partisipatif.

Desa Cibunar merupakan satu kesatuan wilayah dan lapisan masyarakat dengan segala potensi dan sumber daya-nya baik SDM maupun SDA.

Hegar maksudnya merupakan sikap dan kondisi masyarakat desa cibunar yang humanis, prilaku sehat, bersih dan nyaman.

Inklusi maksudnya merupakan sikap dan kondisi desa cibunar yang dalam pengelolaan pemerintahan nya harus adanya kebersamaan tanpa membeda – bedakan atas keberagaman, baik sosial, ekonomi, pendidikan, agama dan fisik.

Akuntabel maksudnya merupakan sikap dan kondisi masyarakat desa cibunar yang tersusun dan terencana yang dapat dipertanggungjawabkan dalam tata usaha kelola pemerintahan.

Partisipatif maksudnya merupakan sikap dan kondisi desa cibunar yang seimbang dalam membangun kehidupan social dan budaya dengan nilai-nilai kearifan local dengan turut serta dalam proses pembangunan di segala bidang.

Sedangkan Misinya akan memuat sesuatu pernyataan yang harus dilaksanakan oleh desa agar tercipta visi desa tersebut. visi berada di atas misi.

Pernyataan visi kemudian akan dijabarkan kedalam misi agar dapat dioperasionalkan yaitu :

a). Mengembangkan sector pertanian, pemanfaatan lahan dan penghijauan dengan sumber daya manusia dan sumber daya alam, menumbuhkan budaya bersih yang berbasis pemberdayaan masyarakat.

b). Meningkatkan kemampuan aparatur pemerintah desa dan lembaga desa dengan penyelesaian peningkatan kapasitas yang terukur.

c). Minengkatkan kinerja aparatur pemerintah desa yang berbasis kompetensi melalui penguasaan informasi dan tekhnologi.

d). Meningkatkan kualitas hidup hak layak dalam peran serta dengan memperiotaskan infrastruktur kebutuhan dasar, baik pendidikan agama dan pendidikan formal serta pembangunan infrastruktur dasar kesehatan.

e). Meningkat kehidupan menjaga kearifan lokal dan budaya tanpa membeda –
bedakan jenis, ekonomi, fisik budaya dan kekurangan (inklusi) sehingga semua warga masyarakat merasa terlayani dengan baik. Ucapnya penuh optimis.

Diakhir Orasinya Pria kelahiran tgl 11 Juni 1972 dari Pasangan Ibu. Hj. OMAS MASLIYAH dengan Bpk. H. BANDI, Mengajak kepada seluruh warga masyarakat untuk dapat menggunakan hak pilihnya buat memilih calon Kades yang terbaik dari yang baik-baik, mangga semua mempunyai kesempatan yang sama, tapi alangkah lebih baik bisa memilih yang punya pengalaman menjadi Kades, Untuk itu Saya mohon agar pada tgl 15 Mei, bisa menyalurkan aspirasinya dengan cara mencoblos No. 4 Moch Pipin Aripin. Imbuhnya penuh harap.