Badan Zakat ZIS Kabupaten Cianjur Targetkan 24 miliar di Tahun 2023

Fokus Cianjur Sosial

Pewarta: Rafli Hidayat

CIANJUR. FOKUSPRIANGAN.ID – Badan Zakat Infak dan Sodakoh kabupaten cianjur menargetkan penyaluran Zakat Inpak sebesar 24 miliar untuk tahun 2023, sementara dana ZIS baru masuk sekitar 1,3 miliar lebih melalui nomor rekening Baznas.

Hal ini di utarakan langsung, oleh kepala Bagian (Kabag) umum dan Humas Baznas kabupaten cianjur, Alwan kepada wartawan di ruang kantor kerjanya selasa (2/5/23).

Untuk bersihnya dari jumlah 30% yang di himpun dari sejumlah UPZ, DKM, Desa dan UPZ kecamatan, jadi 70% itu di salurkan di setiap lokasi, misalkan UPZ, DKM A terkumpul 1 juta, nah yang 1 juta itu harus di salurkan ke warga sekitar sekitar Rp 700 ribu rupiah, sesuai dengan asnaf penerima zakat dalam Al Quran,”jelasnya.

“Sementara 30 % di salurkan melalui UPZ Desa, kecamatan atau bahkan ke Baznas kabupaten cianjur, akan ada peningkatan secara keseluruhan, namun untuk di kecamatan cugenang ada penurunan karena masi terdampak gempa bumi yang kemarin, kalau covid 19 tidak berpengaruh besar,” tuturnya.

Alwan berharap kepada warga, untuk zakat bisa di salurkan ke Baznas kabupaten cianjur, baznas memiliki beberapa jaringan hingga ke DKM, bahkan DKM yang sudah terdaptar di tahun ini, mencapai 5.047 dari jumlah sekian ribu di kabupaten cianjur,” tambahnya.

Kabaghumas kabupaten cianjur menambahkan, sebetulnya yang belum terdaptar dari UPZ, DKM, warga zakat melalui Baznas (amil zakat) karena harus seduai dengan UU tentunya akan lebih aman,” pungkasnya.