Warga Desa Kutawaringin Gotong Royong Bersihkan Matrial Longsoran

Fokus Cianjur Sosial

Pewarta: Rafli Hidayat

CIANJUR. FOKUSPRIANGAN.ID – Akibat derasnya curah hujan yang mengguyur kawasan Desa Kutawaringin Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur pada Senin (01/05/23) dini hari, akibatkan tebing mengalami longsor, sehingga tutupi akses jalan.

Warga bersama para pemuda, terjun langsung kejalan untuk gotong royong membersihkan tumpukan tanah yang menutupi jalan, pasalnya jalan tersebut sebagai akses masyarakat sekitar untuk menuju kota Cianjur,

Menurut Ketua Rt setempat, Amar menjelaskan, jalan ini sebetulnya jalan hidup, karena banyak pengguna dari luar kota, bahkan sewaktu gempa jalan ini bagaikan jalan Provinsi, karena jalur Cugenang waktu itublongsor, dan jalan ini sebagai jalan alternatif, jadi bukan saja jalan biasa tapi bisa di jadikan jalan lintas antar kecamatan walaupun kondisinya Jalan ini menghawatirkan,”ucapnya.

“Selain longsor, jalan ini pun kondisinya cukup parah, sudah medannya nanjak lagi berlubang, tak sedikit kecelakan sering terjadi hingga nyawa pun ada yang sampai melayang akibat jalan dan rem kendaraan yang mengalami panas, hal ini sering di atasi oleh para warga demi kelancaran dan keselamatan, dan kami pun inisiatif perbaiki bersama warga dengan cara gotong royong,”ujarnya.

Lanjut Amar, Masyarakat di tiga wilayah Desa kutawaringin sudah merindukan jalan bagus, tapi hanya khayalan belaka, pasalnya dalam program bantuan pemerintah yang di utamakan adalah jalan yang rata bukan jalan yang hàncur kondisinya, bahkan kerap terjadi kecelakaan yang di alami para pengguna jalan,”katanya.

Sementara itu Kepala Desa Kutawaringin Heri Juhaeri, mengatakan, pihaknya sedang melaksanakan pengajuan dengan Dinas terkait, mudah mudahan dalam jangka waktu dekat, ada respon dai Pemkab Cianjur untuk segera memperbaiki jalan ini, maka dari itu pihaknya meminta agar masyarakat bersabar dan berdoa, semoga apa yang di kehendaki masyarakat bisa terkabul,”kata Heri.