Milangkala Desa Andapraja, Wabup Ciamis Ajak Masyarakat Tingkatkan Kecintaan Terhadap Daerah

Fokus Kab Ciamis Pemerintahan Sosial

Pewarta: Dede Irwan

KAB.CIAMIS. FOKUSPRIANGAN.ID – Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menghadiri acara tasyakur milangkala Desa Andapraja pada Sabtu (29/04) bertempat di Halaman Balai Desa Andapraja Kecamatan Rajadesa.

Ratusan masyarakat nampak hadir memeriahkan acara milangkala tersebut yang diisi dengan tampilan berbagai macam kesenian, tampilan keagamaan serta bazar UMKM oleh masyarakat setempat.

Wabup Ciamis dalam sambutannya mengajak masyarakat untuk lebih meningkatkan kecintaan terhadap daerah sebagai modal utama membangun desa agar lebih maju dan sejahtera.

“Semoga melalui kegiatan ini bisa lebih meningkatkan kecintaan masyarakat pada desanya, karena kalau sudah cinta maka akan timbul rasa memiliki, hal itu penting agar desa lebih maju dan sejahtera,” Jelasnya.

Selanjutnya, Wabup menyampaikan bahwa Desa Andapraja termasuk salah satu dari 116 desa yang termasuk kategori desa mandiri di Kabupaten Ciamis.

“Alhamdulillah berkat kerjasama semua pihak Kepala Desa, Camat, serta Kepala Dinas yang tadinya tahun 2019 lalu hanya ada 19 desa mandiri di tahun ke empat ini sudah mencapai 116 Desa mandiri di Kabupaten Ciamis,” terangnya.

“Meskipun kondisi sulit tapi tidak meredupkan semangat kita untuk tetap membangun,” Imbuhnya.

Ditegaskan Wabup bahwa dalam kondisi serba sulit seperti saat ini masyarakat dituntut untuk berfikir out of the box yakni bagaimana hal kecil dapat menghasilkan sesuatu yang besar.

Lebih lanjut, Wabup Yana menyampaikan terdapat empat syarat utama majunya suatu daerah yaitu dengan ilmunya para ulama, adilnya para pemimpin, peran para agniya dan terakhir doanya orang-orang fakir dan miskin.

“Bi-Adillatil Umaro (dengan keadilan para pemimpin/pejabat/pemerintah/penguasa), salah satu syarat majunya suatu daerah. Selain itu bi’ilmil ulama (dengan ilmu ulama), bisaqoowatil aghniyaa (peran para aghniya/orang-orang kaya), keempat Bidu’ail fuqara-i wal masaakiin (doanya orang-orang lemah), ” ungkapnya.