Bupati: HJS Pembangkit Semangat Teruskan Perjuangan Raja Pajajaran dan Sumedang Larang

Fokus Jabar Pemerintahan Seni dan Budaya Sosial

Pewarta: Kusnadi

SUMEDANG. FOKUSPRIANGAN.ID – Tangal 22 April 1578 merupakan tonggak sejarah yang di peringati sebagai Hari Jadi Sumedang (HJS).

Momentum tersebut mengingatkan akan peristiwa penobatan Prabu Geusan Ulun sebagai Nalendra (raja) Sumedang Larang sebagai transformasi Kerajaan Pajajaran.

Pada saat itu Mahkota Prabu Siliwangi yang menjadi kebanggaan warga masyarakat Jawa Barat yakni Mahkota Binokasih Sanghyang Pake diberikan kepada Prabu Geusan Ulun.

Mahkota yang mampu menggelorakan semangat juang untuk mengobarkan kembali panji-panji “Padjadjaran Anyar” di Bumi Sumedang Larang.

Hal tersebut dikatakan Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir saat memberikan sambutan pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sumedang dalam rangka Hari Jadi Sumedang ke- 445 Tahun 2023 di Gedung Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sumedang, Kamis (27/4/23).

“Kiranya kita semua _seuweu-siwi_ Prabu Siliwangi, pelanjut kerajaan Sumedang Larang yang kini menjadi Kabupaten Sumedang dapat mengambil hikmah dan semangat juang dari momentum Hari Jadi Sumedang tersebut,” ucapnya

Lebih dari itu, menurutnya peringatan HJS merupakan ungkapan rasa syukur kepada allah atas berlimpah keberkahan yang diberikan kepada segenap tumpah darah dan tanah air tercinta ini.

“Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para perintis perjuangan dan pendiri Kabupaten Sumedang atas segala jasa dan pengorbanannya,”katanya.

Dikatakan Bupati, Tema Hari Jadi Sumedang Tahun 2023 adalah “Sumedang Sakti, Surti Babakti Pikeun Sumedang Simpati”.

“Maknanya adalah bagaimana di tahun terakhir kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang periode 2018-2023 ini, jiwa dan raga kita semua terpanggil untuk bahu membahu, _rempug jukung sauyunan_ mewujudkan visi misi kita Sumedang Simpati,” ujarnya.

Bupati bersyukur atas berbagai capaian pembangunan di Kabupaten Sumedang yang sudah diraih, diantaranya Angka Kemiskinan dan Angka Pengangguran bisa diturunkan dengan baik, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) bisa ditngkatan secara signifikan.

“Ada 117 penghargaan, yakni 68 penghargaan tingkat nasional dan 50 penghargaan tingkat provinsi Jawa Barat. Itu semua tiada lain berkat kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas kita semua, segenap komponen daerah, serta berkat bimbingan PaK Gubernur dan jajaran,” tuturnya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Guberenur Ridwan Kamil atas  bantuan dan dukungan dari Provinsi Jawa Barat selama ini untuk mengakselerasi pembangunan di Kabupaten Sumedang.

“Mulai dari Alun-Alun Sumedang, Gedung Creatiive Center, Command Center, Geo Theater, perbaikan ruas jalan dan jembatan, penataan Kampung Buricak Burinong yang sekarang  bertransformasi menjadi Taman Seribu Cahaya serta yang tidak kalah monumental adalah Mesjid Al-Kamil Jatigede dan Menara Kujang Sapasang yang insyaallah sebentar lagi akan diresmikan oleh Pak Gubernur dan menjadi destinasi kebanggaan warga Jawa Barat,”imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Sumedang Irwansyah Putra memberikan piagam penghargaan kepada Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir dan H Erwan Setiawan atas prestasi yang diraih dalam penyelenggaraan pemerintahan.