Sore Ini, Polisi Berlakukan One Way Urai Kemacetan di Jalan Nasional Limbangan Garut

Fokus Jabar Sosial

Pewarta: Erlan Kanduruan

KAB.GARUT. FOKUSPRIANGAN.ID – Sore ini, Sabtu (15/4/2023), Polisi memberlakukan sistem one way (satu arah) untuk mengurai kemacetan yang terjadi di jalur mudik selatan yakni di jalan Nasional III Limbangan, Garut, Jawa Barat.

Terpantau lonjakan kendaraan sudah mulai terjadi sejak siang hingga sore ini, sekilas terlihat banyak kendaraan ber plat nomer luar melintasi jalur mudik selatan itu.

Andri salah seorang pemudik bersama istri dan kedua anaknya memilih mudik lebih awal, karena dirinya khawatir terjebak kemacetan.

“Ya pilih mudik awal agar tidak terjebak macet, eh malah kejebak, dari Bandung sampai Limbangan memakan waktu 4 jam kurang lebih,”ungkapnya.

Sementara Wadirlantas Polda Jabar AKBP Edwin Afandi menyebut pihaknya memberlakukan CB one way untuk mengurai kemacetan, kata Dia, sistem one way berlangsung kurang lebih 15-20 menit.

Menurut Edwin, pihaknya memberikan himbauan dan sosialisasi melalui banner-banner yang terpasang di titik kerawanan yakni Trouble Spot di sejumlah Pasar yang ada di Jalur Selatan ini.

“Himbauan dan sosialisasi melalui banner-banner di titik rawan yakni seperti di Pasar Limbangan, Pasar Bandrek, Pasar Lewo, dan Pasar Malangbong,”bebernya.

Diketahui dari data yang dihimpun, Kendaraan mudik masih didominasi oleh Roda dua dan kendaraan pribadi. Hingga pukul 14.00 WIB Sabtu (15/4/2023) Siang, terhitung per jam kendaraan yang melintas dari arah Barat ke timur sebanyak 594 kendaraan, sedangkan dari arah timur ke Barat sebanyak 394.