Madrasah Darul Ihya di Kampung Cimenteng Kecamatan Surade Hangus Dilahap Si Jago Merah Tadi Siang

FOKUS SUKABUMI Sosial

Pewarta:Rusdi

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Sebuah kebakaran hebat melanda Madrasah Darul Ihya di Kampung Cimenteng, Desa Buniwangi, Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi, sekitar pukul 11.00 WIB, Rabu (5/4/23).

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini, namun sejumlah peralatan sekolah dan mushaf Al Quran ludes dilalap si jago merah.

Berdasarkan informasi yang diperoleh menyebutkan,Ā kebakaran terjadi diduga akibat dari hubungan pendek arus listrik. Sehingga perrcikan api mengenai rumah warga, namun beruntung percikan api langsung berhasil dipadamkan.
Petugas P2BK Kecamatan Surade, Solih mengatakan setidaknya satu unit kelas madrasah habis dilalap api. “Tadi sempat ada percikan api ke rumah warga untungnya tidak parah dan langsung berhasil dipadamkan,” ujarnya kepada wartawan,Ā Rabu (5/4/23).

Solih menjelaskan kalau seluruh bangunan madrasah hancur, sejumlah peralatan di dalam kelas juga ikut terbakar api. Saat kejadian warga sendiri sempat melakukan upaya pemadaman dengan peralatan seadanya. “Kerusakan sementara bangunan habis semua, kemudian di dalamnya ada satu paket meja, bangku dan Al Quran kurang lebih 20 (terbakar habis). Di madrasah tidak ada siapa-siapa, tidak ada korban jiwa, dugaan sementara dari percikan arus pendek listrik. Kerugian ditaksir mencapai Rp 10 juta,” kata Solih.

Sementara itu Kepala Desa Buniwangi, Dadan Hermawan mengatakan Madrasah Darul Ihya memang kerap digunakan oleh anak-anak belajar. “Ini madrasah aktif, tempat anak-anak di Cimenteng dan pesisir Minajaya belajar. Ini yang terbakar adalah madrasah, tepat di pinggirnya sebuah Masjid Jami Cimenteng. Api cepat membakar bangunan karena seluruh bangunan terbuat dari bilik dan kayu,” ucap Dadan.

Dia menyebut, kalau api mulai membesar sekitar pukul 10.00 WIB, petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi dan berhasil memadamkan api sehingga tidak merambat ke bangunan yang berada di dekatnya.
“Pada saat kejadian saya sedang di luar, saya langsung buru-buru telepon petugas pemadam. Alhamdulillah Damkar Surade datang dengan cepat ke sini untuk membantu pemadaman api tersebut hingga tidak ke bangunan lainnya,” tandas Dadan.