PMI Kabupaten Cianjur Pastikan Stok Darah Aman Selama Bulan Ramadan

Fokus Cianjur Sosial

Teks Photo: Ketua PMI kabupaten Cianjur

Pewarta:Rafli Hidayat

CIANJUR. FOKUSPRIANGAN.ID – Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten Cianjur, memiliki terobosan dalam mempasilitasi para pendonor, sehingga pastikan stok darah aman selama bulan suci ramadan.

Ketua Palang Merah Indonesia kabupaten Cianjur Ahmad Fikri mengatakan, para pendonor akan berkurang saat memasuki bulan ramadan, karena rata rata berkurang hingga 50% dari hari biasanya,” tuturnya selasa (28/03/23).

PMI memiliki cara sendiri untuk mendorong masyarakat yang akan mendonorkan darahnya pada jam jam tertentu, setelah menjalankan ibadah puasa.

“Kita masih tetap mendorong masyarakat mendonorkan darahnya setelah buka puasa atau setelah sahur,” ungkapnya.

Selain itu Fikri menjelaskan, pasokan darah dapat bertambah, karen PMI Cianjur ada di luar kota, kita juga melakukan jejaring dengan PMI di luar kota Cianjur,” jelasnya.

“Hingga kini stok darah kita aman sampai lebaran berjumlah 1.600 kantong labu, untuk potensi kebutuhan darah di kabupaten Cianjur 1.400 hingga 1.500 kantong labu perbulanya,” katanya.

“Kalau untuk potensi normal dari 4 rumah sakit di antaranya 1.400 hingga 1.500/ bulanya, ketika tinggi tingginya biasanya di angka 1.800 sampai 2000 kantong labu,” pungkasnya.