Masuk Penilaian 6 Terbaik Tingkat Jawa Barat, Wabup Ciamis Apresiasi Kinerja Kampung KB Kembang Mulya Cihaurbeuti

Fokus Kab Ciamis Sosial

Pewarta: Dede Irwan

KAB.CIAMIS. FOKUSPRIANGAN.ID – Desa Padamulya Kecamatan Cihaurbeuti terpilih mewakili Kabupaten Ciamis untuk mengikuti Lomba Kampung KB tingkat Provinsi Jawa Barat.

Kampung KB Kembang Mulya yang ada di Desa Padamulya merupakan salah satu Kampung KB di Kabupaten Ciamis yang telah masuk pada tahap ke 3 yaitu tahap rechecking lomba kampung KB dan masuk 6 terbaik tingkat Jawa Barat.

Atas capaian tersebut, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra mengucapkan selamat dan mengapresiasi Kampung KB Kembang Mulya atas kinerjanya yang luar biasa.

Hal tersebut Wabup sampaikan saat menghadiri kegiatan rechecking apresiasi kampung KB terbaik tingkat Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan di Desa Padamulya, Cihaurbeuti, Jum’at (10/03/2023).

“Terima kasih pada Kampung KB Kembang Mulya Cihaurbeuti atas kerja kerasnya sehingga bisa masuk tahap 3 dari perlombaan Kampung KB tingkat Jawa Barat,” ucap Wabup.

Menurutnya, Kampung KB ini merupakan program yang sangat luar biasa, yang secara tidak langsung telah memposisikan masyarakat bukan hanya sebagai objek tapi juga sebagai subjek pembangunan.

“Dengan program Kampung KB ini peran serta aktif masyarakat dalam pembangunan itu bisa kita lihat dan rasakan,” Ujarnya.

Disampaikan Wabup, guna mendukung program Kampung KB ini, Pemerintah Daerah telah mengeluarkan beberapa regulasi, baik berupa Surat Edaran, SK, maupun Peraturan Bupati Ciamis.

“Jajaran Pemda sangat mendukung dengan adanya kegiatan ini, sebagai bentuk dukungan kami Pemkab Ciamis telah mengeluarkan beberapa regulasi baik itu berupa surat edaran, SK bahkan Perbup guna mendukung kelancaran program ini,” jelasnya.

Dalam upayanya, ia mengatakan tidak hanya membebankan pada satu OPD terkait saja melainkan melibatkan semua pihak meliputi seluruh jajaran OPD atau SKPD yang ada.

“Kami telah berkolaborasi dan bersinergi dengan seluruh komponen masyarakat, karena kami yakin kegiatan ini tidak akan berhasil apabila hanya didukung oleh satu OPD terkait saja,” Pungkas Wabup.

Sementara itu, Ketua Perwakilan Tim BKKBN Provinsi Jawa Barat Wiwin Winarni dalam kesempatannya mengatakan tahapan ke 6 besar ini juga sudah termasuk menjadi juara bagi Kabupaten Ciamis karena sudah menyisihkan kabupaten lainnya.

“Perlombanaan antara kategori Kabupaten dan Kota itu kami pisahkan, sehingga untuk Kabupaten Ciamis ini yang telah masuk kedalam 6 besar adalah sudah menjadi juara karena telah menyisihkan pesaing dari kabupaten lainnya”, ucap Wiwin.

Dijelaskan Wiwin, tahapan rechecking ini hanya tinggal melihat perbedaan keistimewaan yang tidak dimiliki oleh Kampung KB lainnya, seperti halnya untuk menjawab tantangan di masyarkat, layaknya adanya peningkatan kesejahteraan ekonomi dan peningkatan kehidupan berkeluarga.

“Sebagai bocoran saja bahwa Kampung KB yang berhasil adalah Kampung KB yang dampaknya memang sudah bisa dirasakan oleh masyarakatnya itu sendiri, seperti yang saya lihat saat ini dengan adanya geliat ekonomi seperti hidupnya perputaran ekonomi di warung-warung warga, layanan pendidikan yang baik dan lain sebagainya”, Tandasnya.