Pj Wali Kota Tasikmalaya Hadiri dan Membuka Forum Bisnis dan Investasi

Fokus Kota Tasik Pemerintahan

Pewarta : H Amir

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Dr Cheka Virgowansyah, S. STP., ME menghadiri sekaligus membuka kegiatan Forum Bisnis Investasi di salah satu Hotel yang berada di Jalan Yudanegara, Selasa (20/12/22).

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP ) Kota Tasikmalaya, Hanafi mengatakan sesuai dengan kewenangan nya, Pemerintah Daerah memiliki mempunyai peran yang strategis dalam menciptakan iklim investasi yang kondusif sebagai salah satu penyerap pertumbuhan ekonomi di daerah.

Peran tersebut antara lain meliputi penyediaan infrastruktur, penunjang investasi, birokrasi, pelayanan investasi dan perizinan yang pasti, cepat dan menghindari biaya tinggi, regulasi yang menjamin kepastian hukum bagi pelaku usaha serta kecepatan pelayanan kepada masyarakat melalui penerapan penggunaan teknologi informasi dalam setiap pelayanan publik di daerahnya.

Untuk mewujudkan iklim investasi yang kondusif di Kota Tasikmalaya maka pelaksanaan peran Pemerintah Daerah, pelaku usaha dan seluruh stakeholder harus dibangun berdasarkan prinsip kolaboratif, sinergi dan saling membutuhkan.

Untuk itu perlu diciptakan ruang komunikasi yang akomodatif untuk mengangkat dan merespon berbagai kondisi yang menjadi permasalahan dan solusi penanganannya.

Kegiatan forum bisnis dan investasi ini mengangkat tema ” Mewujudkan Kota Tasikmalaya Menuju Kota Ramah Investasi Antara Peluang dan Tantangan’

“Melalui forum ini diharapkan terjalun komunikasi dan saling pengertian antara Pemerintah Daerah, pelaku usaha dan seluruh stakeholder terkait mengenai implementasi tanggungjawab dan peran masing-masing guna terwujudnya peningkatan realisasi investasi sebagai penggerak utama peningkatan perekonomian di Kota Tasikmalaya, “paparnya.

Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Dr Cheka Virgowansyah, S. STP., ME menuturkan bahwa pihaknya merasa berbangga karena perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Tasikmalaya ternyata banyak yang patuh, banyak yang baik dan mempunyai geliat ekonomi yang baik.

Kita mempunyai harapan besar dan tinggi untuk Kota Tasikmalaya semakin melesat ke depan dari sisi perekonomian.

Kota Tasikmalaya banyak dilirik oleh para investor karena berkaitan dengan gek position yang secara historis menjadi pusat kegiatan wilayah.

Untuk Indikator Makro Sasaran Pembangunan tahun 2022:
1. Laju Pertumbuhan ekonomi, Target Kotaa Tasikmalaya 5,0% untuk Nasional 5.2%.
2. Gini Ratio, target Kota Tasikmalaya 0.39 point, Nasional 0.38 point
3. Tingkat Inflasi, target Kota Tasikmalaya 2.0%
4. Tingkat Kemiskinan 11.50%
5. Tingkat Pengangguran Terbuka 7.02%
6. Indek Pembangunan Manusia 73.95 point
7. Laju pertumbuhan penduduk 0.21%, “pungkasnya.