Kades Padajaya Kecamatan Cikalongkulon Sigap Bantuan Korban Terdampak Bencana Gempa Cianjur

Fokus Cianjur Pemerintahan Sosial

Pewarta: Tubagus

CIANJUR. FOKUSPRIANGAN.ID – Pasca Gempa Cianjur pada Senin 21 November 2022 lalu, yang meluluhlantahkan puluhanribu rumah-rumah milik warga, hingga rata dengan tanah.

Tak hanya itu, sebanyak 323 korban jiwa dan puluhribu warga terluka akibat dahsyatnya gempa yang berkekuatan 5,6 magnitudo. Sehingga berita bencana gempa Cianjur menjadi trading di semua media nasional dan internasional.

Hingga berita ini diturunkan masih saja terus terjadi gempa – gempa susulan yang getaran nya semakin melemah dan itu telah dirasakan langsung warga masyarakat sekitar Cianjur.

Sementara itu Kades Padajaya Cikalong Kabupaten Cianjur, Dadang, hingga kini terus melakukan gebrakan peduli membantu ke sesama untuk para korban musibah gempa.

Bantuan dalam bentuk sembako, baju serta nasi bungkus diberikan bukan diwilayah kerjanya saja, bahkan sampai merambah ke warga Desa Cijedil, Cibereum hingga ke titik daerah yang paling terparah bencana, yaitu di Desa Cijedil Kecamatan Cugenang.

“Kami terus akan melakukan bentuk peduli terhadap seluruh warga masyarakat terdampak bencana gempa dan semoga bantuan yang sudah kami berikan dapat bermanfaat serta kejadian musibah gempa ini ada hikmah nya dikemudian hari,” kata Dadang kepada FokusPriangan, Selasa (29/11/22).

Ia mengungkapkan, untuk para pengungsi yang exodust dari luar dan masuk Desa Padajaya terdata 222 jiwa yang terdiri laki – laki, wanita bahkan ada usia anak – anak. “Terlepas dari semua ini kami pun telah memberi intruksi pada seluruh perangkat desa agar membantu dan melayani saudara – saudara kita yang terdampak gempa dengan pelayanan terbaik dan pekerjaan ini adalah sebagian dari bentuk ibadah,” ucapnya.

Sementara itu, Kasi kesra Desa Padajaya, Jandan (46) mengatakan dirinya dengan seluruh perangkat Desa mengemban amanah dari pimpinan untuk melakukan pekerjaan dengan ihlas terhadap seluruh pengungsi dampak korban gempa. “Untuk para pengungsi di posko – posko atau tenda yang ada agar dapat pelayanan maximal, ini intruksi Kepala Desa Padajaya Cikalong kulon terhadap bawahan,” ujar Jandan.

Ia mengungkapkan, dari pertama terjadi gempa Kades beserta seluruh perangkat terjun langsung memberi pelayanan dan membantu kepada warga yang terdampak gempa. “Setiap hari Ketua Tim Penggerak PKK Euis Hindun dengan Para Kader Desa bekerja mendatangi tiap – tiap rumah warga yang ada pengungsi dari luar Padajaya atau Kecamatan lain yang terdampak gempa, langsung bantuan diberikan dalam bentuk sembako dan kebutuhan balita serta selimut,” kata Jandan.

Menurutnya, pelayanan terbaik yang diberikan adalah harga mati yang tidak bisa ditawar – tawarnlagi. “Karena ini intruksi pimpinan kami dan Desa Padajaya membuka posko bantuan untuk korban gempa dari relawan atau para dermawan,” tandasnya

Hal senada dikatakan Lukman Hamdani Kadus satu, dirinya beserta pihak retana Desa Padajaya bekerja sampai larut malam dari pintu ke pintu demi pelayanan dan kenyamanan seluruh warga.

Pantauan FokusPriangan di lokasi pengungsian kesibukan stick holder dan seluruh perangkat Desa yang terlibat bahu membahu dengan Tim lain dalam penanganan puluhan korban gempa Cianjur.