Perkembangan Teknologi dan Informasi

Fokus Jabar Pendidikan Sosial

Oleh : Salma Nurseftiani, Siswi Kelas XI SMAN 3 Garut

GARUT (JABAR) FOKUSPRIANGAN.ID – Teknologi adalah desain untuk tindakan instrumental yang mengurangi ketidakpastian dalam hubungan sebab-akibat yang terlibat dalam mencapai hasil yang di inginkan. Teknologi mempunyai dua aspek yaitu aspek perangkat keras (terdiri dari materi atau benda benda fisik) dan aspek perangkat lunak (terdiri dari basis informasi untuk perangkat keras).

Kedua aspek tersebut penting untuk penggunaan praktis komputer, tetapi karena lerangkat keras lebih terlihat oleh pengamat kasual, maka kita akan berfikir teknologi utama adalah perangkat keras.

Teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras, organisasi, struktur dan nilai-nilai sosial yang digunakan individu untuk mengumpulkan, memproses dan bertukar informasi dengan individu lainnya.

Selanjutnya yang lebih penting adalah sifat dan bagaimana fungsi media baru bagi sebagian besar orang untuk bertukar informasi. pada kenyataannya teknologi komunikasi baru tidak hanya ditandai dengan adanya teknologi tunggal baru seperti mikrokomputer dan satelit tetapi menghubungkan elemen-elemen dari jenis komunikasi baru seperti menggunakan satelit untuk memberikan berbagai web dari programming untuk sistem televisi kabel. contoh teknologi komunikasi baru yaitu telekonferensi jaringan, elektronik sistem, papan buletin computer dan televisi kabel interaktif.

Perubahan pada komunikasi manusia sebagai hasil teknologi baru yaitu :

1. Sistem komunikasi baru memiliki tingkat interaktifitas tertentu,seperti percakapan dua orang atau tatap muka. Interaktifitas adalah kemempuan sistem komunikasi baru untuk berbicara kembali kepada pengguna atau hampir seperti seorang individu yang berpartisipasi dalam percakapan.

2. Media baru juga _demassifiled_ yaitu bahwa sebuah pesan khusus dapat ditukar dengan setiap individu dalam khalayak yang besar. Menyamakan individualisasi seperti media baru untuk komunikasi tatap muka interpersonal, kecuali bahwa mereka tidak bertatap muka.