Kandang Ayam Terbakar di Cidahu Sebanyak 5000 Anak Ayam Mati Terpanggang

FOKUS SUKABUMI Sosial

Pewarta: Rusdi

SUKABUMI. FOKUSPRIANGAN.ID – Sekitar kurang lebih 5000 anak ayam mati terpanggang, akibat kebakaran melanda peternakan ayam di di Kampung Pangsor RT 03 RW 05 Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, Kamis malam (11/8/22).

Kandang ayam yang terbakar diketahui milik H. Sodikin, tak begitu jauh dari pemukiman penduduk di Kampung Pangsor RT 03 RW 05 Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu. Warga setempat menyebut api diketahui sudah membesar pada pukul 23.30 WIB. Kayu dan bambu serta material kandang lainnya yang mudah terbakar membuat api dengan cepat melumat peternakan.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, kebakaran berawal dari api yang diduga berasal dari mesin penghangat ayam. 
“Itu kan ada dua kandang totalnya ada 10.000 ayam, yang terbakar itu satu kandang,” jelas salah seorang warga setempat, Wirayanto kepada wartawan, Jumat (12/8/22).

Kebakaran sempat membuat panik warga sekitar, karena kobaran api cukup besar. “Kandang itu yang jaga dua orang. Tidak begitu tahu bagaimana api tiba-tiba membesar. Infonya dari mesin atau kompor penghangat untuk anak ayam,” jelas Wirayanto.

Akibat peristiwa tersebut, sekitar 5000 ayam petelur DOC (Day Old Chicks) terpanggang bersama kandang yang terbuat dari bambu itu. Api berhasil dipadamkan kurang-lebih selama satu jam setelah dua unit damkar turun ke lokasi, 
“Apinya cepat membesar, kalau ga ada damkar kayanya kandang yang lain ikut kena,” tandasnya.