Apel Kesadaran Nasional Penting Untuk Kesetiaan Pada NKRI

Fokus Kab Tasik Sosial

Penulis: Iwan Singadinata

KAB.TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Nasionalisme adalah suatu paham yang menganggap bahwa kesetiaan tertinggi atas setiap pribadi harus diserahkan kepada negara kebangsaan. Ada dua jenis pengertian nasionalisme, yaitu nasionalisme dalam arti sempit dan nasionalisme dalam arti luas.

Nasionalisme dalam arti sempit adalah perasaan kebangsaan atau cinta terhadap bangsanya yang sangat tinggi dan berlebihan sehingga memandang rendah terhadap bangsa

Nasionalisme dalam arti luas adalah perasaan cinta yang tinggi atau banggga terhadap tanah air dan tidak memandang rendah bangsa lain.

Arti Kesadaran Nasional. Kesadaran nasional adalah suatu sikap yang dimiliki suatu bangsa berkaitan dengan tanggung jawab hak dan kewajibannya.

Kesadaran nasional adalah sebuah tindakan yang mengajari betapa pentingnya menanamkan sikap nasionalisme sebagai wujud cita tanah air (Thika 16)
Kesadaran nasional juga disebut nasionalisme yang didefinisikan sebagai kesadaran keanggotaan suatu bangsa yang secara bersama-sama mencapai, mempertahankan, mengisi kekuatan bangsa itu. (Almasainun)

Kesadaran nasional adalah suatu sikap yang dimiliki suatu bangsa berkaitan dengan tanggung jawab hak dan kewajibannya.

Yang Dimaksud Upacara Kesadaran Nasional Setiap Tanggal 17.

Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) merupakan upacara bendera rutin yang dilaksanakan pada tanggal 17 setiap bulannya yang bertujuan untuk memantapkan kualitas pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat.

Penulis tidak melihat pada hari ini, apel kesadaran nasional di sekretariat daerah Bojongkoneng Singaparna, apa akan dilakukan dihari lain atau berikutnya.
Kesadaran nasional sebagai ketaatan rasa nasionalisme terhadap NKRI

Jumat.17/06/22
Sumber: Berbagai Literatur dan Pustaka Pribadi.