Demi Mendapatkan Sumber Air Bagi Para Petani, Sejumlah Masyarakat Bergotongroyong Melaksanakan Pengerukan Irigasi Cikukuk

Ekonomi dan Bisnis Fokus Cianjur Sosial

KAB. CIANJUR. FOKUSPRIANGAN.ID – Para warga dan Karangtaruna serta Ormas GAIB 212 melakukan Karya bhakti pengerukan saluran air dan irigasi Cikukuk, Desa Padajaya, Kecamatan Cikakongkulon, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu, (12/02/22).

Pengerukan Irigasi dan saluran Air Cikukuk di maksudkan untuk mempermudah sumber Air di Wilayah tersebut.

“Saluran dari Irigasi ini dapat mengairi tiga Desa di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Mande, dan Kecamatan Cikalongkulon, Untuk Kecamatan Mande nya irigasi ini dapat mengairi Desa Ciandam dan Desa Jamali dan untuk Kecamatan Cikalongkulon nya ini dapat Mengairi Desa Padajaya, ” kata Agus, Tokoh Pemuda Desa Padajaya.

Agus menyebutkan bahwa kegiatan pengerukan sedimentasi tanah di Irigasi Cikukuk, selain mendapatkan bantuan dana dari hasil Swadaya Masyarakat juga mendapat bantuan dari Ketiga Pemerintahan Desa tersebut.

“Untuk Dana, selain dari swadaya kami mendapatkan juga bantuan dari Ketiga Kepala Desa dan untuk Alat Beratnya kami mendapat Bantuan dari Dinas PUPR,” Ungkapnya.

Agus juga mengatakan bahwa pihaknya masih melakukan penggalangan Dana, mengingat anggaran yang masih minim namun pekerjaan masih berlangsung.

Agus berharap dengan adanya kegiatan Pengerukan Irigasi Cikukuk dapat mempermudah para petani di Tiga Desa tersebut.

“Mudah mudahan dengan kembalinya berpungsi Irigasi Cikukuk dapat meningkatkan taraf hidup yang lebih baik bagi para petani, ” harapnya. (Aris Iskandar)